Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kedua kiri) didampingi Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kiri), Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (kedua kanan), dan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (kanan) menghadiri acara pengumuman bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memuji Mahfud MD sebagai sosok intelektual dan berpengalaman dalam mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Menurut dia, Mahfud merupakan “pendekar” hukum dan pembela rakyat kecil atau wong cilik.

Ia menyebut Mahfud sosok intelektual mumpuni karena pengetahuan di bidang hukum dan sangat cocok serta penuh pengalaman. Megawati Soekarnoputri yang mengumumkan Mahfud sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) mendampingi Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024, Rabu (18/10) juga mengatakan Mahfud merupakan sosok pengalaman yang lengkap di lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

Baca juga:  Jokowi Respons Pernyataan Agus Rahardjo Soal Setnov

“Saya bilang ke beliau, hukum ini jangan semuanya pada bungkam. Ya untuk apa ada aturan kalau semua diam,” katanya.

Sebelumnya Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

“Hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD,” ujarnya dipantau dari akun YouTube PDI Perjuagan.

Baca juga:  Dana Desa

Megawati menyebut pihaknya sudah mempertimbangkan berbagai faktor terkait pemilihan Mahfud MD ini. “Meleset terus kan. Beliau sosok yang saya sendiri tidak asing karena beliau pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Jadi saya bisa mengerti jalan pikirannya. Dan ketika beliau dipilih menjadi Menkopolhukam, saya guyon dengan beliau, walah, saya ini dari presiden turun menjadi Ketua Dewan Pembina Ideologi Pancasila, tapi saya bilang gak papa karena itu ideologi Pancasila. Tapi bapak meroket menjadi anggota kabinet,” ungkapnya.

Baca juga:  3 Hari Berturut, Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Capai Tiga Ribuan Orang

Pengumuman Mahfud sebagai bacawapres tersebut dihadiri oleh para ketua umum partai politik pengusung dan pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Para ketum tersebut adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN