Telkomsel menambah kapasitas jaringan untuk meningkatkan pengalaman pengguna di Mandalika International Street Circuit, Lombok - Nusa Tenggara Barat saat gelaran MotoGP berlangsung. (BP/Istimewa)

MATARAM, BALIPOST.com – Pengunjung MotoGP 2023 Mandalika, yang berlangsung di Mandalika International Street Circuit, Lombok – Nusa Tenggara Barat, pada 13-15 Oktober diperkirakan bakal naik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut berpotensi mendorong lonjakan trafik layanan komunikasi yang cukup signifikan.

Menurut Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit, pihaknya berupaya mengoptimalkan konektivitas digital, melalui keunggulan akses broadband 4G/LTE hingga Hyper 5G Telkomsel. “Tahun ini diperkirakan akan ada pertumbuhan sekitar 15 persen pengunjung, baik asing maupun lokal yang menonton gelaran MotoGP 2023 secara langsung di Mandalika. Sebagai digital ecosystem enabler di Indonesia, Telkomsel telah memastikan diri menjadi yang terdepan dalam memberikan dukungan jaringan broadband terkini,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya Rabu (11/10).

Baca juga:  Melesat dengan Digital, Pelaku UMKM Diedukasi dan Bangun Jejaring

Telkomsel sendiri telah memetakan ada 91 lokasi yang berpotensi mengalami lonjakan trafik komunikasi tinggi selama pelaksanaan gelaran MotoGP 2023 Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Meliputi, area penginapan, tempat destinasi wisata, media center, titik-titik transit transportasi seperti bandara dan pelabuhan, hingga kawasan Mandalika International Street Circuit.

Ia menyebut pihaknya telah menambah 32 unit BTS 4G/LTE yang melengkapi total 386 unit BTS 4G/LTE untuk melayani kebutuhan akses komunikasi khususnya konektivitas digital masyarakat dan pengunjung di kawasan Mandalika. Di kawasan Mandalika International Street Circuit sendiri, Telkomsel juga mengoperasikan tambahan 3 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) 4G/LTE, serta melakukan optimasi sekitar 418 unit BTS 4G/LTE di lokasi main dan supporting event MotoGP Mandalika.

Baca juga:  Suspek Badai Tropis Berpotensi Menguat Dalam 72 Jam

Sementara itu, 3 unit BTS Hyper 5G Telkomsel juga siap melayani akses broadband berkecepatan tinggi di kawasan Mandalika International Street Circuit. Sigit lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga memastikan ketersediaan ragam produk dan layanan unggulan yang akan memastikan hadirnya pengalaman aktivitas digital terbaik bagi pelanggan selama berada di kawasan Mandalika.

Berkolaborasi dengan para mitra outlet sebagai pelaku UMKM di sekitar kawasan Mandalika, Telkomsel menggelar sejumlah booth penjualan di beberapa titik di jalur utama menuju lokasi main event, termasuk tambahan booth penjualan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok dan main venue Mandalika International Street Circuit.

Baca juga:  Hadiah Utama Digiprise Diserahkan, Ini Pemenangnya

“Layanan International Roaming Telkomsel di Indonesia juga siap melayani kebutuhan wisatawan/pengunjung mancanegara yang akan tetap menggunakan layanan dari negara asal. Saat ini, 382 perusahaan telekomunikasi seluler dari 180 negara di seluruh dunia telah menjalin kerja sama dengan Telkomsel, yang mencakup kerjasama layanan 4G/LTE Roaming Partnership dengan setidaknya satu perusahaan telekomunikasi seluler dari tiap negara, serta 5G Roaming Partnership dengan beberapa negara,” paparnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN