Plang nama Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat 9NTB). (BP/Ant)

PRAYA, BALIPOST.com – Pergerakan penumpang di bandara setempat mencapai 6 ribu hingga 7 ribu per hari, baik yang datang maupun berangkat menjelang ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika. Hal itu dikatakan PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Rata-rata pergerakan penumpang di Bandara Lombok jelang MotoGP Mandalika 6 ribu hingga 7 ribu per hari,” kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Arif Hariyanto, di Praya, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (10/10).

Baca juga:  Pemkab Lombok Tengah Pastikan Tak Ada Klaster Covid-19 di MotoGP Mandalika

Ia mengatakan peningkatan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Lombok memang belum signifikan, namun biasanya peningkatan penumpang di ajang MotoGP Mandalika itu meningkat H-1 ajang balapan pada 13-15 Oktober 2023.

“Biasa peningkatan penumpang terjadi pada H-1 balapan dan H+1 atau tanggal 16 Oktober 2023,” katanya pula.

Dia mengatakan, Bandara Internasional Lombok melakukan penyesuaian waktu layanan operasional bandara menjadi 24 jam pada saat ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika.

“Mulai 13 hingga 16 Oktober 2023 mendatang, Bandara Lombok melakukan penyesuaian waktu operasional bandara menjadi 24 jam, dari yang saat ini hanya 14 jam,” katanya lagi.

Baca juga:  PPKM Luar Jawa-Bali Berlanjut, Makin Banyak Kabupaten/kota Jalani Level 1

Ia mengatakan pula, terkait penerbangan tambahan atau extra flight di Bandara Lombok selama periode MotoGP 2023, hingga saat ini tercatat ada 44 penerbangan tambahan rute domestik yang diajukan oleh empat maskapai.

“Dalam periode 10 hingga 17 Oktober 2023, Garuda Indonesia mengajukan 26 penerbangan tambahan, Citilink 8 penerbangan, Super Air Jet 4 penerbangan, dan Air Asia dengan 6 penerbangan,” katanya pula.

Semua logistik dari Dorna Sports maupun logistik para pebalap ajang MotoGP Mandalika telah tiba di Sirkuit Mandalika, setelah sebelumnya dibawa melalui Bandara Lombok dan jalur laut Pelabuhan Lembar.

Baca juga:  Inmendagri No. 60 Dikeluarkan, PPKM Jawa-Bali Lanjut

Selain itu, sejumlah para pebalap MotoGP, Moto2, dan Moto3 juga telah tiba melalui Bandara Lombok, dan mereka akan melakukan latihan balapan pada Jumat, 13 Oktober di Sirkuit Mandalika. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN