GIANYAR, BALIPOST.com – Serangkaian upacara Ngenteg Linggih, Tawur Agung, Mapadudusan Agung, Nubung Pedagingan, Ngusaba Desa lan Ngusaba Nini Pura Desa Lan Pura Puseh, Desa Adat Tegallalang akan menggelar rangkaian Ida Bethara Sesuhunan sami tedun mesolah Pecalonarangan Napak Pertiwi Mamurda Siwa Murti, Selasa (10/10). Terkait kegiatan ritual ini, akan dilaksanakan pengalihan arus lalu lintas.

Kapolsek Tegallalang AKP A. A Gede Alit Sudharma S.H, M.H. didampingi Waka Polsek Tegallalang IPTU A. A Putu Anom dan Kanit Reskrim Polsek Tegallalang IPDA Gde Densa Prana S.H.,M.H. Rabu (4/10) mengatakan, telah menggelar rapat koordinasi. Rapat koordinasi ini juga melibatkan Bendesa Adat Tegallalang, Dewa Nyoman Rai Widiana dan perwakilan prajuru, pecalang Desa Adat Pejengaji dan Panitia Upacara.

Baca juga:  Penularan COVID-19 Masih Tinggi! Ini Sejumlah Provinsi Alami Peningkatan BOR RS

Bendesa Adat Tegallalang, Dewa Nyoman Rai Widiana menyampaikan harapan agar upacara bisa berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan polemik atau opini-opini negatif dari masyarakat karena dalam pelaksanaan upacara tersebut akan dilaksanakan penutupan jalan. Pelaksanaan Ida Bethara Sesuhunan sami tedun mesolah Pecalonarangan Napak Pertiwi Mamurda Siwa Murti ini merupakan upacara yang akan menjadi tonggak sejarah.

Sebab, untuk pertama kalinya kegiatan Calonarang Sesuhunan sejebag jagat Desa Adat Tegallalang bertempat di Catus Desa Adat Tegallalang Banjar Pejeng Aji Desa Tegallalang Kecamatan Tegallalang Selasa (10/10).

Baca juga:  Tak Semua Babi Tertular MSS

Kapolsek Tegallalang mengungkapkan pada prinsipnya akan membantu pengamanan selama proses upacara berlangsung. Pihaknya akan menempatkan personel di lokasi upacara dan simpang simpang pengalihan jalur bersama sama dengan anggota koramil dan pecalang setempat.

Polsek Tegallalang mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan yang akan melewati jalur khususnya jalan dari Desa Tegallalang menuju Keliki maupun sebaliknya agar untuk sementara tidak melintas di jalur tersebut dan mencari jalan alternatif lain.

Baca juga:  Bali Masuk Lima Besar Kenaikan Tertinggi Kasus COVID-19 Mingguan Nasional

Alit Sudharma menekankan akan dilaksanakan penutupan jalur pada Selasa (10/10) pukul 18.00 WITA sampai Rabu (11/10) pukul 03.00 WITA. Adapun akses jalur yang akan ditutup meliputi Simpang Gagah (Selatan Polsek Tegallalang), Simpang Pasar Tegallalang (Jalur ke barat menuju Keliki), Simpang Bali Funtastic ( Menuju Jalan Cinta), dan Simpang Empat Keliki ( Jalur ke timur menuju Tegallalang). (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN