Tangkap layar - Presiden Joko Widodo tersenyum saat menerima laporan progres pembangunan Ibu Kota Nusantara dari Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam rangkaian Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam rangkaian Upacara Peringatan HUT RI di Istana Merdeka, melaporkan progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada Presiden Joko Widodo. Presiden tampak tersenyum dan sumringah saat menerima laporan tersebut.

“Tentang progres, masih on the right track. Setelah ini, nanti ada juga investor swasta yang akan memulai membangun Kota Nusantara menjadi kota yang tidak hanya layak huni, tetapi juga dicintai,” kata Bambang Susantono melalui tayangan video seperti disaksikan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (17/8).

Baca juga:  Presiden Jelaskan "Micro Lockdown," Daerah Diminta Lakukan Pemetaan Detail

Bambang juga melaporkan bahwa telah dilakukan upacara peringatan HUT ke-78 RI di IKN, Kalimantan Timur, Kamis pagi, dengan diikuti peserta dari para pekerja, aparat TNI dan Polri, masyarakat adat, serta berbagai diaspora dari beberapa negara.

Dalam laporannya, Bambang juga menekankan bahwa para pekerja di IKN terus bersemangat untuk mencapai target pelaksanaan Upacara HUT ke-79 RI di Istana Presiden, IKN, Kalimantan Timur, pada tahun 2024.

“Para pekerja akan kembali bersemangat memenuhi target-target yang akan kita raih, utamanya pada tahun 2024, di mana Bapak Presiden akan memimpin upacara di lokasi IKN ini,” katanya.

Baca juga:  Penyuap Lukas Enembe Jadi Tersangka TPPU

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid mengajak semua pihak untuk bergotong royong memastikan pembangunan IKN berjalan lancar. “Apalagi, dengan spirit kemerdekaan, persatuan, kesatuan kita bersama; karena IKN ini simbol visi Indonesia 2045,” kata Arsjad.

Setelah menerima laporan dari Bambang dan Arsjad, Jokowi kemudian mengepalkan tangannya ke atas sekaligus mengakhiri sesi laporan progres pembangunan IKN dalam upacara peringatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka, Jakarta.

Baca juga:  Film Nasional Melangkah Maju

Presiden Jokowi, Kamis pagi, menyatakan Upacara Detik-Detik Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2024 dapat dilaksanakan di IKN, Kalimantan Timur. Dengan proyeksi pelaksanaan Upacara 17 Agustus 2024 di IKN, maka upacara di Istana Merdeka, Kamis. menjadi kali terakhir digelar di Jakarta sebagai ibu kota negara RI.

“Insyaallah. Tahun depan insyaallah sudah di IKN. Kita lihat nanti,” kata Jokowi kepada awak media sebelum memulai Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN