PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, R.P. (Representacao Permanente) Timor-Leste Branch atau BRI Cabang Timor Leste menginisiasi kerja sama Banking Services Facilities dengan Pertamina International Timor, S.A. (BP/Istimewa)

DILI, BALIPOST.com – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, R.P. (Representacao Permanente) Timor-Leste Branch atau BRI Cabang Timor Leste menginisiasi kerja sama Banking Services Facilities dengan Pertamina International Timor, S.A. Inisiasi kerja sama ini ditegaskan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak pada tanggal 2 Agustus 2023 di Conference Room Hotel Timor, Dili, Timor Leste yang disaksikan oleh Auditing Board Pertamina International Timor, S.A Yanuar Budy Hartanto dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Republika Demokratika Timor Leste, Okto Dorinus Manik.

Nantinya, salah satu wujud dari kerja sama ini di antaranya adalah penyediaan fasilitas kemudahan digital payment BRI pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Timor-Leste. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan para pemilik SPBU dapat mengembangkan dan meningkatkan volume penjualan di SPBU yang dikelola secara modern dengan mekanisme pembayaran yang lebih mudah dan lebih fleksibel.

Baca juga:  Buyback Saham BBRI Sampai Agustus 2023

Terkait dengan hal tersebut, SEVP – Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengatakan kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan volume transaksi, value chain, dan CASA BRI. Seluruh unit kerja dan e-channel siap mendukung pembayaran Digital dari SPBU yang tersebar cukup luas di Timor Leste.

“BRI berkomitmen memberikan layanan terbaik berupa integrated banking solution kepada nasabah, salah satunya dengan memberikan kemudahan pengelolaan transaksi keuangan dan pembayaran. Selain itu, kerja sama ini juga bisa meningkatkan sinergi, tidak hanya dengan Pertamina, namun juga sinergi BUMN lainnya”, jelas Achmad Royadi.

Baca juga:  Rumah Kreatif BUMN Klungkung Gelar Pelatihan untuk Pelaku UKM

CEO Pertamina International Timor, Beny Harto Wijaya mengungkapkan bahwa setiap langkah besar dimulai dengan langka pertama tentunya melalui kerjasama ini mendorong kebermanfaatan bagi kedua perusahaan. “Dunia bergerak begitu cepat dan perkembangan dunia bukan lagi sekedar garis lurus melainkan sudah eksponensial bahkan lompatan-lompatan itu begitu cepat. Kita liat banyak produk keuangan berkembang luar biasa dan kerjasama ini sebagai langkah awal untuk memaksimalkan sinergi BUMN dengan mewujudkan culture AKHLAK,” ungkap Beny.

Dalam sambutannya General Manager BRI Timor Leste, Roby Firmansjah Sastraatmadja mengungkapkan kerja sama ini merupakan bagian dari upaya BRI Timo Leste dan Pertamina International Timor, S.A untuk meningkatkan sinergi BUMN yang tentunya akan mendorong pertumbuhan kedua perusahaan yang menguntungkan di Timor Leste. “Tentu saja haparan kami dengan adanya kerjasama ini tidak hanya meningkatkan sinergi BUMN tetapi juga kolaborasi antara Pertamina dan BRI ini akan meningkatkan benefit bagi kedua belah pihak yang tentu saja secara sustain akan tumbuh dan terus tumbuh khususnya di Timor-Leste,” ujarnya.

Baca juga:  “Games of Thrones”, Analoginya dalam Pendidikan

Duta Besar Republik Indonesia Okto Dorinus Manik menyampaikan bahwa sinergi BUMN dapat meningkatkan profit bagi kedua perusahaan. “Kerja sama yang baik mendorong BUMN Go Global dengan bergandeng tangan erat untuk maju bersama serta tantangan kedepan semakin menantang baik global maupun di Timor-Leste dengan berinovasi membuat terobosan-terobasan baru diperlukan untuk menjawab tantangan dan agar tidak tergerus dengan kondisi dunia saat ini,” ungkapnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN