Salah satu adegan di The Exorcist. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menonton merupakan salah satu kegiatan asyik saat libur panjang seperti sekarang ini. Banyaknya genre yang bisa dipilih.

Tapi bagi penyuka film horor, pasti sudah tak asing lagi dengan 5 film ini. Jangan bilang kamu pecinta film horor kalau belum menonton film-film ini.

Berikut lima film horor yang sayang dilewatkan untuk kamu para pecinta ketegangan dan misteri, dikutip dari berbagai sumber :

1.The Exorcist (1973)

The Exorcist merupakan salah satu film klasik terbaik dari sutradara William Friedkin. Rilis pada tahun 1973, film ini sempat menimbulkan banyak kontroversi dari berbagai kalangan. Mulai dari keluhan penonton, komunitas agama, hingga komunitas gereja Katolik pada masanya.

Pendeta Amerika terkenal, Billy Graham sampai menyatakan bahwa ada iblis yang bersemayam dalam roll film “The Exorcist”. Film ini juga baru rilis di bioksop Inggris pada tahun 1999, karena sempat dilarang tayang di seluruh bioskop pada penayangan perdana.

Jangankan filmnya, original trailer-nya saja juga tidak boleh diputar di bioskop-bioskiop Amerika karena dianggap terlalu mengerikan.

Baca juga:  Kebangkitan Industri Musik Nasional, God Bless Gelar Konser Virtual 48 Tahun "Mulai Hari Ini"

Seperti film-film horror pada umumnya, diceritakan seorang gadis muda, Regan MacNeil (Linda Blair), mulai mengalami perubahan yang mengkhawatirkan setelah pindah ke rumah baru di New York bersama ibunya (Ellen Burstyn).

Ketika keadaan putrinya semakin memburuk, sang ibu akhirnya memanggil pendeta untuk melangsungkan prosedur pengusiran apa pun roh yang singgah dalam tubuh Regan.

2. Sinister (2012)

Bercerita tentang Ellison, seorang criminal novelis mengalami kesulitan menemukan ide untuk buku terbarunya, akhirnya memutuskan untuk membawa keluarganya ke sebuah rumah yang menjadi lokasi terbunuhnya sebuah keluarga.

Ia menemukan kotak berisi video keluarga lain yang dibunuh secara brutal. Ellison mencoba untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan menontonnya.

3. The Conjuring (2013)

Mengusung latar belakang tahun 1971, film The Conjuring 1 mengisahkan tentang keluarga pasangan Carolyn (Lili Taylor) dan Roger Perron (Ron Livingston) bersama 5 orang putri mereka. Keluarga Carolyn dan Roger pindah ke sebuah rumah tua di kota Harrisville.

Saat mereka pindah, semua berjalan lancar dan tidak ada hal-hal aneh yang terjadi. Suasana rumah menjadi mencurigakan setelah hari kedua mereka pindah, yaitu saat Carolyn tiba-tiba memiliki memar misterius hingga anjing mereka mati tergeletak di luar rumah.

Baca juga:  Deli-Agnez Mo Hadirkan #TemanSuksesku

Hal aneh yang terjadi lantas menjadi peristiwa yang mencekam saat Carolyn terkunci di ruang bawah tanah rumahnya, sosok makhluk gaib menyerupai wanita tua menyerang salah satu putrinya. Setelah mengalami berbagai peristiwa mistis, Carolyn kemudian menghubungi investigator paranormal, yaitu Ed dan Lorraine Warren.

Pasangan paranormal tersebut kemudian mencari tahun tentang sejarah rumah tersebut dan menemukan fakta bahwa hunian itu dulunya merupakan milik seorang penyihir bernama Bathsheba. Mereka pun memberikan saran untuk melakukan ritual pengusiran setan, karena sang pemilik rumah terdahulu telah mengutuk tanah yang dimilikinya itu.

Pasalnya, dalam penyelidikannya mereka juga menemukan bahwa banyak laporan pembunuhan dan bunuh diri terjadi di rumah-rumah yang dibangun di atas tanah yang dulu dimiliki Bathsheba. Dalam proses pengusiran setan yang harus mendapatkan izin dari Gereja Katolik, Carolyn tiba-tiba dirasuki oleh arwah Bathsheba dan berusaha untuk membunuh salah seorang dari putrinya.

Baca juga:  Stand Up Comedy hingga Navicula Siap Memeriahkan Denfest Hari Ini

4. Paranormal Activity (2007)

Pasangan muda, Katie dan Micah, pindah ke rumah baru dan Micah merekam aktivitas mereka di kamera videonya. Setelah kejadian aneh di malam hari, Katie mengakui saat masih kecil, dia pernah mengalami kehadiran hantu di kamarnya.

Dia merasakan dan sekarang khawatir itu mungkin telah mengikutinya ke tempat baru mereka. Micah skeptis dan memasang kameranya di kamar mereka untuk merekam aktivitas semalam. Setelah beberapa hari, mereka melihat pintu kamar tidur mereka bergerak dan jelas ada kehadiran di rumah mereka. Dan itu semakin memburuk.

5. The Hush (2016)

Menceritakan tentang kehidupan seorang penulis tuli yang mana Maddie pindah ke dalam hutan untuk hidup menyendiri dan harus berjuang dalam hidupnya. Namun seketika hidupnya berubah saat ia bertemu dengan seorang pembunuh bertopeng yang muncul di jendel rumahnya.

Posisi rumah yang berada di tengah hutan sekaligus jauh dari jangkauan orang, membuat ia harus berjuang melawan psikopat sendirian. Lalu bagaimana nasib Maddie selanjutnya? (Wulan/balipost)

BAGIKAN