Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu saat memberikan sambutan dalam acara "Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024" di Hall Dewan Pers, Jakarta, Senin (18/6/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST. com – Seluruh insan pers di Tanah Air diingatkan untuk menjalankan perannya sebagai alat demokrasi dalam pemberitaan Pemilu 2024. Yaitu, mengutamakan kepentingan rakyat.

“Pers yang digunakan ini harusnya mampu memperlihatkan kepentingan segenap warga masyarakat, bukan partisan tertentu ataupun pemilih modal sehingga pemilu kita kondusif, jujur, dan adil,” ujar Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, saat memberikan sambutan dalam acara “Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024” di Hall Dewan Pers, Jakarta, dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (18/6).

Baca juga:  Gelar FIBA World Cup, Kemenpora Gelontorkan Dana Ratusan Miliar

Ninik mengingatkan pula langkah mengutamakan kepentingan rakyat itu dapat dilakukan oleh insan pers dengan memberikan informasi yang akurat, kredibel, dan mampu meningkatkan daya intelektual publik dalam berita yang disajikan.

Berikutnya, ia juga mengingatkan insan pers Indonesia agar dalam menyajikan berita tidak melebihkan ataupun mengurangi informasi yang dibutuhkan publik. Langkah tersebut, lanjut dia, diperlukan agar masyarakat mendapatkan edukasi yang cukup.

Sebelumnya, Ninik mengajak semua pihak, mulai dari partai politik (parpol), para pemangku kepentingan, dan masyarakat, hingga insan pers agar berkolaborasi dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca juga:  Elektabilitas PDIP Masih Unggul, Kuasai Dukungan Pemilih DKI Jakarta

“Dewan Pers sekali lagi ingin mengajak semua pihak, mari berkolaborasi, bekerja bersama, parpol, para pemangku kepentingan, masyarakat, insan pers, baik yang berbasis media maupun yang berbasis masyarakat untuk bersama-sama mendukung kesuksesan Pemilu 2024,” ujar dia.

Menurut Ninik, seluruh elemen bangsa Indonesia menjadi bagian penting dalam mewujudkan ekosistem demokrasi yang lebih baik melalui penyelenggaraan Pemilu 2024 yang baik pula.
“Oleh karena itu, satu dengan yang lainnya kami berharap bisa bersinergi sehingga kita bisa mewujudkan demokrasi yang kita harapkan,” kata dia. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Menteri Bahlil Laporkan Media Tempo ke Dewan Pers
BAGIKAN