Kedua atlet diberikan "kado" istimewa karena berprestasi. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Dua warga asal Desa Adat Bedha, Tabanan, berhasil meraih prestasi gemilang di SEA Games Kamboja 2023. Medali emas diraih oleh Ni Made Purnami dari Banjar Cengolo, Desa Sudimara, dalam cabang olahraga vovinam, sementara medali perunggu berhasil diperoleh oleh I Wayan Purbawa dari Banjar Curah, Desa Gubug.

Prestasi gemilang kedua atlet muda ini telah mencuri perhatian tidak hanya di tingkat daerah, tetapi juga di seluruh Bali. Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga S.Sos, dalam acara pelepasan siswa di TK Hindu Dharma Didia Paramita, Desa Adat Bedha, belum lama ini menyatakan rasa bangganya terhadap pencapaian mereka. Bahkan dalam kesempatan sama, kedua atlet berprestasi ini diberikan “kado” istimewa.

Baca juga:  PABSI Usulkan Banat Dipanggil Seleknas

“Pendidikan dasar sangat penting bagi perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Bali. Pendidikan menjadi pondasi utama bagi anak-anak untuk mencapai potensi terbaik mereka. Keberhasilan kedua atlet muda ini adalah bukti bahwa siapapun dapat bersaing dan meraih prestasi,” ujar Dirga.

Dirga juga menekankan pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter anak, selain lembaga pendidikan. Ia mendorong orangtua untuk secara aktif terlibat dalam mendidik anak-anak mereka, karena pendidikan karakter tidak hanya terjadi di sekolah.

Baca juga:  Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Meninggal

“Keluarga juga memiliki peran penting dalam mengembangkan karakter anak. Orangtua harus memikul tanggung jawab ini dan tidak hanya mengandalkan sekolah. Keduanya saling melengkapi,” tambahnya.

Keberhasilan Ni Made Purnami dan I Wayan Purbawa ini tidak hanya menginspirasi masyarakat Tabanan, tetapi juga mendorong pemerintah setempat untuk lebih fokus pada pengembangan olahraga. Dirga menyampaikan bahwa pemerintah Tabanan telah berupaya meningkatkan fasilitas olahraga dengan memperbaiki GOR Debes.

Dalam rangka mengapresiasi prestasi gemilang mereka, pihak Desa Adat Bedha memberikan penghargaan senilai Rp 5 juta kepada Ni Made Purnami dan I Wayan Purbawa. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda di Desa Adat Bedha untuk meraih prestasi lebih tinggi di masa depan.

Baca juga:  Tarik Distribusi, DTW di Badung Wajib Gandeng Pemerintah

Prestasi kedua atlet muda ini menjadi bukti bahwa dengan dukungan semua pihak, Bali dapat menjadi tempat yang subur bagi bakat-bakat olahraga yang berprestasi. Tentunya kita dapat berharap agar semakin banyak atlet muda yang bangkit dan meraih prestasi gemilang di tingkat internasional seperti SEA Games. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN