Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., pada Kamis (25/5), memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) dari Marsda TNI Eko Dono Indarto, S.IP., M.Tr (Han)., kepada Marsma TNI Wayan Superman di Kesatrian AAU, Yogyakarta. (BP/Istimewa)

YOGYAKARTA, BALIPOST.com – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., pada Kamis (25/5), memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) dari Marsda TNI Eko Dono Indarto, S.IP., M.Tr (Han)., kepada Marsma TNI Wayan Superman di Kesatrian AAU, Yogyakarta. Kasau, dalam rilisnya, mengapresiasi capaian tugas Marsda TNI Eko Dono Indarto, S.I.P., M.Tr. (Han)., atas dedikasi dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama memimpin Akademi Angkatan Udara.

Sementara kepada Marsma TNI Wayan Superman Kasau berharap agar dapat mempersiapkan Karakter Taruna AAU dengan sebaik-sebaiknya, karena masa depan TNI Angkatan Udara berada di tangan mereka.
Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum PIA Ardya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tony Harjono S.E., M.M., Dankodiklatau Marsdya TNI Tedi Rizalihadi S., M.M., Irjenau, Koorsahli Kasau, Para Asisten Kasau, Wadanjen Akademi TNI, para Gubernur Akademi Angkatan, dan Akpol, Pejabat Utama AAU, dan unsur Forkopinda DIY.

Baca juga:  Doni Monardo : Jangan Lengah, Tetap Waspada!!

Pejabat baru Gubernur AAU Marsma TNI Wayan Superman merupakan salah satu putra Bali kelahiran Singaraja, 6 November 1970. Ia adalah putra pertama dari pasangan Ketut Suter (Alm) seorang Guru dan Made Yoni (Alm).

Sebelum menjadi Taruna AAU Marsma TNI Wayan Superman pernah duduk di bangku Sekolah Dasar 1 Busungbiu, SMP 1 Busungbiu, SMA 1 Singaraja, dan lulus dari Akademi Angkatan Udara pada tahun 1992.
Marsma TNI Wayan Superman, memulai kariernya selepas lulus dari AAU dengan menjadi Pa Dp Gubernur AAU.

Tahun 1995 ia lulus dari Sekolah Penerbang (Sekbang) TNI AU dan diarahkan menjadi Penerbang Pesawat Angkut C-130 Hercules di Skadron Udara 32 di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Kariernya di Skadron Udara 32 cukup cemerlang hingga akhirnya ia menjabat sebagai Kadisops Skadron Udara 32 saat berpangkat Mayor di tahun 2004 dan kemudian menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 32 di tahun 2010 dengan pangkat Letnan Kolonel.

Baca juga:  Koperasi, Solusi Optimalkan Dana Desa

Selepas dari jabatan Komandan Skadron Udara 32 pada tahun 2011, Wayan Superman kemudian mendapatkan penugasan di Mabes TNI sebagai Pabandya 2/Latgab Paban III/Latgab Sops TNI sebelum kembali lagi ke lanud asalnya di tahun 2013 sebagai Kadispers Lanud Abdulrachman Saleh dengan pangkat Kolonel. Setahun kemudian pada 2014 ia dipercaya menjabat sebagai Komandan Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh.

Setelah itu, Wayan Superman menjabat sebagai Kapusoyu Seskoau di tahun 2015 dan menjadi Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai pada tahun 2016. Jabatan berikutnya adalah Aspers Kas Koopsau I, Paban I/Ren Sopsau, Paban IV/Renprogar Srenum TNI.
Pada tahun 2020 pangkat bintang satu kemudian disandangnya saat dipercaya menjabat sebagai Waasrena Kasau Srenaau dan kembali ke lanud yang membesarkannya sebagai Komandan Lanud Abdulrachman Saleh hingga tahun 2021.

Baca juga:  Dihadang Warga, Eksekusi Lahan Gagal

Setelah itu ia kemudian menjabat sebagai Waasrenum Panglima TNI Srenum TNI dan Waasops Kasau Sopsau di tahun 2022 sebelum dipercaya menjabat sebagai Gubernur AAU. Lulusan Sesko TNI Angkatan 42 (2015) dan PPRA Lemhannas Angkatan 63 (2022) ini pernah mendapatkan beragam penugasan di dalam negeri seperti di Aceh, Timor Timur, Papua, Ambon, dan Poso serta penugasan di luar negeri seperti di Laos, Kamboja, Singapura, Malaysia, Thailand, Amerika Serikat, Australia, China, dan lainnya.

Dengan dilantiknya sebagai Gubernur AAU Marsma TNI Wayan Superman akan naik pangkat menjadi Bintang Dua, tugas baru kini diemban oleh suami dari Erika Dewi Hindaraini dan ayah dari tiga putri yaitu Putu Febriana Maharani Dewi Permana, Kadek Sherlina Maharani Ayu Permana, dan Komang Mahaiswari Candra Dewi Permana ini. (kmb/balipost)

BAGIKAN