Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Agus M. Latif pimpin apel gelar pasukan pengamanan kunjungan Wapres RI, K.H. Ma'ruf Amin. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin berada di Bali pada 22-23 Mei 2023 dalam rangka menghadiri Peresmian Pembukaan Asia Media Summit (AMS) ke-18. Terkait kunjungan tersebut Kodam IX/Udayana menggelar apel pengecekan dan gelar pasukan pengamanan VVIP di Lapangan Korem 163/Wira Satya, Jalan Sudirman, Denpasar, Sabtu (20/5).

Apel Gelar pasukan tersebut dipimpin Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Agus M. Latif selaku Dansatgas Pengamanan Wilayah Bali. Dalam amanat Pangdam IX/Udayana yang dibacakan Brigjen Agus Latif selaku pimpin apel menyampaikan, pengamanan VVIP merupakan sebuah kehormatan yang diberikan oleh negara dan wajib dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Baca juga:  PDIP Berpeluang Usung Kader Maju ke Pilkada 2020

Wapres merupakan representasi negara yang harus mendapat perlakuan pengamanan secara khusus. Oleh karena itu Kodam IX/Udayana bersama Polda Bali, pemerintah daerah dan unsur pendukung lainnya, senantiasa bersinergi dalam melaksanakan pengamanan VVIP guna menjamin keamanan wapres beserta rombongan selama berada di Bali.

“Apel gelar pasukan ini perlu dilaksanakan untuk memastikan kesiapan pasukan pengamanan, baik secara perorangan maupun satuan sesuai prosedur tetap VVIP sehingga tidak terjadi tumpang tindih maupun salah prosedur,” tegasnya.

Baca juga:   Sindikat Pengedar Ganja Ditangkap

Mengingat dinamika dan potensi ancaman yang semakin beragam seiring berjalannya waktu, diharapkan pengamanan yang dilakukan harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Tidak ada istilah rutinitas dan segala sesuatunya harus disiapkan sebaik-sebaiknya mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai dengan akhir kegiatan.

“Demi kelancaran pelaksanaan pengamanan, maka seluruh personel yang tergabung dalam Satgas Pam VVIP harus memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing,” ujar Brigjen Agus Latif.

Baca juga:  Operasional Kafe Bibir Diduga Bodong

Usai pimpin apel, Danrem melaksanakan geladi rangkaian dan pengecekan lokasi yang akan dikunjungi wapres di Bandara Ngurah Rai dan Hotel Grand Hyatt Nusa Dua untuk memastikan kesiapan serta meyakinkan keamanannya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN