Seorang warga memantau website PPDB Denpasar saat pelaksanaan PPDB Online. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 jenjang TK, SD dan SMP Negeri di Kota Denpasar dilaksanakan secara online (daring). Jadwal pendaftarannya dimulai pada 12 Juni untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan 19 Juni untuk jenjang SMP. Keduanya dimulai dari jalur prestasi.

Hal tersebut diungkapkan Plt. Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, I Nyoman Suryawan didampingi Ketua Panitia PPDB Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, AA Putu Gede Astara, Jumat (19/5). Suryawan mengatakan PPDB SD Negeri tahun ajaran 2023/2024 tak jauh beda dengan tahun lalu. Selain itu, penerimaan siswa SD menggunakan zonasi yang telah ditetapkan Disdikpora Kota Denpasar.

Baca juga:  Tokoh Pendidikan Drs. Dewa Putu Tengah Berpulang

Pada PPDB SD negeri tahun ini, ia menyampaikan untuk proses pendaftaran dilaksanakan di sekolah. PPDB SD negeri diawali proses pendataan yang dimulai pada, 5 sampai dengan 10 Juni 2023.

Setelah pendataan, baru proses pendaftaran yang dimulai pada, 12 sampai dengan 15 Juni 2023, secara daring atau luring. Pengumuman siswa yang diterima pada, 19 Juni 2023. Calon siswa yang diterima wajib daftar ulang pada, 20 dan 22 Juni 2023.

Baca juga:  Hanya Dua SMP Terapkan Revisi PPDB Jalur Prestasi di Tabanan

‘’Sekolah wajib melaporkan hasil seleksi calon peserta didik baru kepada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar paling lambat 2 hari sebelum jadwal pengumuman,’’ sebutnya.

Suryawan menegaskan seleksi calon peserta didik baru kelas 1 SD negeri dilarang menggunakan tes membaca, menulis dan berhitung. Tak hanya itu, anak dari keluarga kurang mampu dan anak sasaran layanan inklusi wajib diterima.

Selanjutnya, untuk PPDB SMP Negeri, proses diawali pandaftaran jalur prestasi pada, 19 dan 20 Juni, dan hasil seleksinya diumumkan pada, 22 Juni 2023. Berikutnya pendaftaran jalur perpindahan tugas irang tua/wali dan afirmasi pada, 22 dan 23 Juni 2023, dan hasil seleksi diumumkan pada, 24 Juni 2023.

Baca juga:  Pangdam Ingatkan Jaga Keseimbangan Alam

Untuk …

Baca selengkapnya di media partner DENPOST.id

BAGIKAN