WES ditahan di Polres Kawasan Bandara Ngurah Rai karena mencuri koper di Terminal Kedatangan Domestik. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kasus pencurian kembali terjadi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Badung. Koper milik WNI yang tinggal di Australia berinisial MTS dicuri di Terminal Kedatangan Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Pelakunya berinisial WES (27) asal Dairi, Sumatera Utara ditangkap di kos-kosan milik temannya, Jalan Raya Canggu, Kuta Utara, Rabu (12/4). Ia diketahui baru landing di Bandara Ngurah Rai dari Medan saat peristiwa pencurian terjadi.

Kasatreskrim Polres Kawasan Bandara Ngurah Rai, Iptu Rionson Ritonga, Jumat (14/4) menyampaikan, kejadian itu dilaporkan perwakilan Maskapai Air Asia, Wayan Wira Kusuma (25). Korban naik pesawat tersebut tujuan Australia dengan rute Surabaya – Denpasar – Australia.

Baca juga:  Pencuri Aki Ditangkap di Gianyar, Juga Beraksi di Kabupaten Ini

Kronologisnya, lanjut Iptu Rionson yang akrab disapa Rio ini, pada Minggu (2/4) pukul 18.00 WITA, korban melaporkan ke bagian lost and found Air Asia di Perth Australia bahwa bagasi miliknya berupa koper berat 20 kilogram tidak ketemu. Sebelumnya ia naik pesawat rute Surabaya-Denpasar (transit) dan lanjut Denpasar-Perth.

Laporan itu ditindaklanjuti oleh petugas Air Asia di Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai. “Setelah dilakukan pengecekan CCTV terlihat koper korban diambil oleh seseorang yang tidak dikenal,” ujarnya.

Baca juga:  Diduga Jatuh, "Engineering" Hotel Tewas di Kolam

Dari rekaman CCTV, terlihat korban transit di Bandara Ngurah Rai langsung menuju Terminal Keberangkatan Internasional untuk menaiki pesawat berikutnya (Denpasar-Perth). Sedangkan bagasinya melalui Terminal Kedatangan Domestik ditangani oleh pegawai maskapai Air Asia.

Bagasi korban diturunkan atau disisihkan satu persatu. Saat itulah, pelaku beraksi setelah melihat kelengahan petugas maskapai.

Pelaku dengan cepat mengambil bagasi korban dan membawanya keluar terminal dengan menggunakan trolley serta menutupinya dengan jaket menuju luar bandara tempat temannya menunggu. Setelah menerima laporan kejadian itu, Iptu Rio memerintahkan anggotanya menyelidikinya.

Baca juga:  Dishub Tabanan Pasang Mesin E-Parkir

Dari rekaman CCTV dan keterangan saksi-saksi, teridentifikasi plat nomor sepeda motor yang ditumpangi pelaku. Tim Opsnal langsung melakukan pengejaran dan pada Rabu (12/4) pukul 00.20 WITA, pelaku berhasil ditangkap di kamar kos milik temannya, Jalan Raya Canggu, Kuta Utara, Badung.

Selanjutnya pelaku dibawa ke Polres Bandara Ngurah Rai bersama barang buktinya. Dari hasil interogasi pelaku mengakui perbuatannya yang telah mengambil koper itu. “Saat itu pelaku baru landing di Bandara Ngurah Rai penerbangan dari Medan. Kedatangan pelaku di Bali rencananya untuk mencari kerja,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN