Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo saat pelantikan di Istana Negara, Senin (3/4). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang baru saja dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo menyatakan akan lekas bergerak untuk mencari titik temu demi kelancaran penyelenggaraan ajang internasional, ANOC World Beach Games (AWBG) 2023. Kompetisi ini dijadwalkan berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus.

Menpora dikutip dari Kantor Berita Antara mengaku banyak berkaca atas kontroversi Piala Dunia (PD) U-20 2023. Perhelatan yang sedianya dilangsungkan di Indonesia, tapi dibatalkan oleh FIFA pada pekan lalu.

FIFA melalui pengumuman mereka menyatakan keputusan itu dilakukan atas pertimbangan “kondisi terkini” tanpa alasan spesifik. Tetapi pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 terjadi di tengah riuhnya gelombang penolakan keikutsertaan tim nasional Israel di ajang tersebut, termasuk oleh dua kepala daerah.

Baca juga:  Perpustakaan SMAN 1 Dawan dinilai Tim Provinsi

Salah satu kepala daerah tersebut adalah Gubernur Bali I Wayan Koster, yang wilayahnya pada Agustus mendatang bakal menjadi lokasi penyelenggaraan AWBG 2023 yang sudah dikonfirmasi akan diikuti oleh atlet-atlet Israel yang punya hak.

Kendati demikian, Menpora Dito menegaskan bahwa dia akan melakukan pertemuan dengan segenap pemangku kepentingan demi berupaya menjamin kelancaran AWBG 2023. “Ya mungkin karena kita anak muda, semua kita temuin,” ujarnya.

Baca juga:  Batas Akhir 31 Juli, Baru Dua Parpol Setor Perbaikan Berkas ke KPU Buleleng

Di sisi lain, Menpora juga menekankan akan mengikuti arahan Presiden Jokowi yang beberapa waktu lalu meminta agar semua pihak bisa bersikap bijak dan tidak mencampuradukkan persoalan olahraga dengan politik. “Saya sesuai apa yang dibicarakan Presiden, bahwa harus dipisahkan kedua hal itu, walau hal ini ada sesuatu (yang) kompleksitasnya tinggi, ya tapi memang kita akan usahakan yang terbaik,” pungkas Dito.

Dito dilantik sebagai Menpora oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Dito menggantikan Zainudin Amali yang telah mengajukan surat pengunduran diri selaku Menpora sejak 9 Maret 2023 menyusul terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2026.

Baca juga:  Puluhan Terpidana Korupsi Dapat Pembebasan Bersyarat, KPK Angkat Bicara

Di dunia olahraga, selain sempat aktif di RANS Prestige Sportainment, Dito juga pernah menjadi Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Youth Olympic 2018 di Argentina serta menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Di dunia politik, Dito aktif sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito juga diketahui menjadi Ketua Panitia HUT Ke-58 Golkar pada tahun lalu. (kmb/balipost)

BAGIKAN