Ilustrasi. (BP/Antara)

BEIJING, BALIPOST.com РPemerintah China membuka kesempatan kerja sama internasional mengembangkan teknologi jaringan telekomunikasi generasi keenam (6G). Hal ini disampaikan Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi China, Wang Jiangping, dalam Forum Boao untuk Asia di Hainan, Kamis (30/3).

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Wang memperkirakan komersialisasi 6G secara global pada 2030. “China membuka kerja sama 6G dan siap menyambut para pakar dan perusahaan di dunia untuk mencapai kesepakatan saling menguntungkan agar bisa berkontribusi bersama pada komunikasi mobile secara global,” katanya.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Makin Banyak, WHO Minta Negara di Asteng Ambil Langkah Agresif

Oleh sebab itu, pihaknya juga telah memprioritaskan penelitian dan pengembangan 6G serta telah siap melakukan serangkaian uji coba. “China juga telah mendirikan IMT-2030 (6G) Promotion Group sejak 2018,” ujarnya dikutip media setempat.

IMT-2030 (6G) Promotion Group tersebut merupakan platform di China yang mendukung penelitian dan pengembangan serta kerja sama internasional untuk pengembangan 6G.

“China juga siap bergabung dengan pakar dan peneliti global dalam berbagai bidang,” kata Wang. (kmb/balipost)

Baca juga:  India Peringati Hari Kemerdekaan ke-72 di Bali
BAGIKAN