Suasana di Pantai Muaya, Jimbaran. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Abrasi pantai yang cukup parah ternyata juga terjadi di Pantai Muaya, Jimbaran. Abrasi ini terlihat dari postingan warga di media sosial. Postingan ini menunjukkan adanya kerusakan pada tembok tanggul di Pantai Muaya akibat abrasi.

Bendesa Adat Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga, tidak menampik adanya kerusakan tersebut. Kondisi tersebut telah dilaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung.

Baca juga:  Puluhan Nasabah Lapor Polisi Dugaan Investasi Ilegal, Bos PT GSI Akhirnya Buka Suara

“Lokasinya di depan Four Seasons. Itu terjadi sejak hari Jumat lalu ketika air pasang. Tapi parahnya sejak Sabtu malam,” katanya, Senin (27/2).

Dijelaskan Rai Dirga, tembok tersebut dulunya dibangun secara swadaya atas kerja sama desa adat dengan Four Seasons. Seingat dia, tanggul dibangun sekitar tahun 2000-an. “Panjang kerusakannya mungkin sekitar 10-an meter,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengatakan, akan melakukan penanganan dampak dari abrasi. Dalam melakukan penanganan pihaknya mengaku tetap akan melakukan koordinasi dengan BWS Bali-Penida.

Baca juga:  Penerima BLT di Gianyar Dikeluhkan Tak Tepat Sasaran

Bupati asal Pelaga, Petang ini pun menegaskan, penanganan akan dilakukan di seluruh pantai yang terdampak abrasi. Sebab dirinya tidak akan tinggal diam jika mengetahui akan adanya dampak dari abrasi. “Tetapi kita bicara terhadap kewenangan, jadi kami harus berkomunikasi dengan pihak berwenang, baru bisa berjalan. Jangan sampai bukan kewenangan kita, tapi ingin berbuat baik, malah kita yang salah,” jelasnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Wabup Suiasa Paparkan Program Unggulan di Rakerda DPD PDIP Sumbar
BAGIKAN