Suasana lalulintas di ruas Jalan MH Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Sabtu (25/2/2023). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Mobil pribadi, taksi online, angkot, bagaimana cara terbaik untuk berkeliling di Jakarta? Seperti yang kita ketahui, berkeliling Jakarta bisa jadi rumit berkat kemacetan yang legendaris.

Untungnya, ada berbagai pilihan transportasi untuk berkeliling kota. Tak hanya transportasi umum, ada banyak pula pilihan hotel di Jakarta Pusat yang bisa Anda pilih untuk tempat beristirahat selama liburan di Jakpus. Staycation Your Way, Life Your Way lebih untung pakai Traveloka! Mau staycation, road trip atau liburan cara kamu di Hotel, Holiday Stays atau Budget Hotel, jadi! Mau di dalam atau luar negeri, jadi!

Apa saja pilihan transportasi umum yang bisa digunakan saat liburan ke Jakarta? Berikut ini beberapa pilihannya.

1. Mass-Rapid Transportation (MRT)

Apakah Anda akan pergi ke tempat-tempat populer di sekitar Jakarta Pusat? Jika Anda sudah menyiapkan akomodasi seperti menginap di Hotel di Jakarta Pusat ataupun Sewa Apartemen Jakarta, MRT merupakan salah satu transportasi umum ternyaman dan tercepat di Jakarta,

MRT akan mengantarkan Anda dari daerah Pusat ke Selatan tanpa repot. Anda dapat menikmati cakrawala Jakarta dan nikmati indahnya gedung-gedung Jakarta ketika Anda berada di lintasan menuju Lebak Bulus.

Jangan khawatir terjebak dalam kerumunan yang melonjak karena semua kereta akan berhenti setiap 5 menit. Baik Anda sedang pergi ke kantor atau mengunjungi destinasi wisata, MRT jelas merupakan pilihan transportasi yang wajib dicoba selama Anda di Jakarta.

Baca juga:  Ratusan Warganya Ditangkap, Pemerintah Tiongkok Diminta Bantu Identifikasi
Penumpang berada di dalam rangkaian MRT, Jakarta, Sabtu (18/2/2023). (BP/Antara)

2. TransJakarta

Ingin jalan-jalan di Jakarta tanpa harus memusingkan lelahnya mengemudi kendaraan pribadi di tengah kemacetan? Jawabannya adalah TransJakarta. Sistem angkutan bus cepat ini merupakan alternatif transportasi yang sangat berarti karena memiliki jalur khusus yang akan mengantarkan penumpang melewati kemacetan yang menggila pada jam-jam sibuk.

Jalur TransJakarta melewati sebagian besar kota dengan rute terintegrasi yang akan membawa Anda ke mana saja secara virtual hanya dalam satu perjalanan. Penumpang mungkin harus transit untuk berpindah koridor, jadi pastikan Anda mempelajari rute Anda sebelumnya dan berhenti dengan benar.

Anda harus menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh bank Indonesia (seperti Flazz BCA, e-money Mandiri, JakCard dari Bank DKI, dll.) untuk naik bus. Kartu tersedia untuk dibeli dan diisi ulang di sebagian besar halte.

3. KRL Commuter Line

Tertarik untuk berwisata ke kota-kota lain di sekitar Jakarta? Mengapa tidak mencoba KRL Commuter Line? KRL akan membawa Anda ke kota-kota lain seperti Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi. Jika Anda tidak dapat menghadapi kerumunan besar di hari kerja, Anda mungkin bisa memilih opsi KRL di akhir pekan.

Stasiun kereta mungkin tidak memiliki peron khusus untuk kereta dengan jalur yang berbeda, jadi pastikan Anda mengetahui kereta apa yang harus digunakan sebelum naik. Kartu tiket dapat dibeli melalui sistem penjual kartu di setiap stasiun kereta, tetapi antriannya mungkin panjang dan lambat, jadi Anda mungkin ingin menggunakan kartu prabayar untuk menghemat waktu. Untuk mengetahui jadwal keberangkatan kereta, cek dan lacak jadwal di akses KRL yang bisa diunduh di PlayStore atau AppStore.

Baca juga:  Bantu Ekonomi Tumbuh Positif, Presiden Minta Kementerian Dongkrak Konsumsi

4. Bus

Jakarta memiliki banyak operator bus dengan rute, tarif, dan kualitas yang berbeda. Bus mana yang Anda naiki bergantung pada lokasi dan tujuan Anda, karena keduanya tidak terintegrasi satu sama lain. Ada bus yang melayani rute lebih pendek dan juga rute yang lebih panjang.

Pastikan Anda memiliki uang tunai yang sesuai nominal untuk membayar ongkos bis. Juga, banyak dari bus ini tidak berhenti di halte di sepanjang jalan, jadi jika Anda perlu berhenti di suatu tempat sebelum tujuan akhir, beri tahu pengemudi atau kenek yang bertugas.

Penumpang naik ke dalam bus listrik di Jakarta, Senin (20/2/2023). (BP/Antara)

5. Taksi

Salah satu cara paling nyaman untuk berkeliling kota adalah taksi. Anda dapat mengambilnya dari jalan atau di kios yang ditemukan di mal, hotel, dan sebagainya. Anda juga dapat memesan taksi premium dengan armada Alphard atau mobil mewah lainnya.

Alternatif dari taksi konvensional adalah taksi online. Permainan transportasi di Jakarta berubah sejak perusahaan taksi online hadir. Sisi positif dari taksi online adalah Anda tidak perlu berurusan dengan menyerahkan uang tunai dan seringkali biayanya lebih murah daripada naik taksi tradisional. Mereka juga memiliki promo dan tarif yang lebih rendah.

Baca juga:  Garuda Buka Rute Jakarta-Nagoya

Jika Anda dan kolega Anda menuju ke arah yang sama, Anda bahkan dapat memilih opsi car-pooling, di mana Anda dan penumpang lain dapat berbagi tumpangan dan membagi tagihan. Meskipun sering dianggap sebagai pilihan transportasi yang lebih murah, biayanya dapat berlipat ganda selama jam sibuk atau hari hujan, jadi memiliki lebih banyak pilihan transportasi selalu merupakan ide yang bagus.

6. Ojek Online

Anda akan mengunjungi berbagai tempat sendiri? Maka ojek online akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Hanya dengan beberapa tap di handphone saja, Anda akan dijemput oleh driver Anda dengan sepeda motor.

Dengan menggunakan jasa ojek naik sepeda motor, Anda bisa lebih menghemat durasi perjalanan. Sebelum perjalanan Anda, Anda akan diberikan helm dan masker untuk memastikan keselamatan Anda.

Bepergian di kota metropolitan yang padat seperti Jakarta bisa jadi rumit. Dengan banyak pilihan dan rute untuk dipilih, ada juga faktor seperti kemacetan lalu lintas, keramaian perjalanan, dan jadwal yang berantakan untuk dipertimbangkan. Apa pun kebutuhan dan preferensi pribadi Anda, Anda dapat menemukan perjalanan yang sempurna untuk menjelajahi kota Jakarta.

Dan jika Anda sudah merencanakan untuk menginap untuk staycation, road trip atau liburan Anda di Hotel, Holiday Stays atau Budget Hotel baik di Jakarta ataupun kota lain, Traveloka dapat mewujudkannya. Staycation Your Way, Life Your Way lebih untung pakai Traveloka! (Adv/balipost)

BAGIKAN