Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Di pasaran kamu akan menemui berbagai jenis produk face cleanser atau pembersih wajah. Kamu mungkin bingung akan memilih yang mana.

Dalam memilih face cleanser, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu agar produk yang kamu gunakan tidak merusak kulit wajahmu. Dilansir dari Health Shots, berikut lima hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih produk pembersih wajah :

1. Identifikasi Jenis Kulitmu

Setiap produk pembersih wajah biasanya dibuat untuk jenis kulit tertentu, mulai dari kulit kering, berminyak, normal, sensitif, atau kombinasi beberapa jenis kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis kulit apa yang kamu miliki sebelum memilih pembersih wajah. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping dari produk tertentu yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu.

Baca juga:  Ini, Cara Efektif Cegah COVID-19

2. Pilih Pembersih Wajah Eksfoliasi

Pembersih wajah memang mampu menghilangkan kotoran dan minyak. Namun, pembersih wajah dengan bahan eksfoliasi dapat menghilangkan sel kulit mati dan membantu meremajakan kulit. Akan tetapi, jika kamu memiliki kulit yang sensitif, hindari produk pembersih wajah eksfoliasi dan pilih produk pembersih wajah yang memiliki tekstur lembut.

3. Gunakan Pembersih Wajah Bebas Pewangi

Jika kulitmu sensitif, carilah pembersih wajah yang bebas dari pewangi atau bahan kimia. Produk yang memiliki bahan pewangi yang kuat dapat menyebabkan iritasi kulit, ruam, dan reaksi lainnya. Cobalah produk pembersih wajah yang terbuat dari bahan alami seperti pembersih wajah dari lidah buaya.

Baca juga:  Di Tengah Turunnya Kasus Baru, Tambahan Korban Jiwa Nasional Capai Rekor

4. Pelajari Konsistensi Produk Pembersih Wajah yang Berbeda

Konsistensi pembersih wajah harus ideal dengan jenis kulitmu. Jika kulitmu kering, pembersih wajah yang berbentuk krim akan membantu melembabkan kulitmu. Sementara itu, jika kamu memiliki kulit yang berminyak, kamu bisa memilih produk pembersih wajah yang berbentuk gel.

5. Produk yang Mengandung Vitamin

Pilih produk pembersih wajah yang mengandung vitamin C dan vitamin E. Vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan kulit, sedangkan vitamin E dapat bertindak sebagai antioksidan yang membantu menutrisi kulit. Kandungan vitamin dalam produk pembersih wajah akan membantu meningkatkan kesehatan kulitmu.

Baca juga:  Jembrana Perpanjang Pendaftaran untuk Dua Formasi CPNS dan P3K

Selain lima hal tersebut, hindari pembersih wajah yang bertekstur keras karena dapat menyebabkan kulit kering. Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menentukan produk pembersih wajah yang cocok untuk kamu. (kmb/balipost)

BAGIKAN