Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menjaga kualitas tidur di malam hari agar tetap baik merupakan hal yang penting supaya semangat menjalani aktivitas keesokan harinya. Namun, beberapa orang mungkin kesusahan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Salah satu faktor yang memengaruhi kulitas tidur adalah dekorasi kamar. Dilansir dari Forbes, untuk mendapatkan kulitas tidur yang baik, berikut beberapa tips dekorasi yang dapat kamu lakukan :

  1. Sembunyikan Barang Elektronik

Sebaiknya sembunyikan barang elektronik karena cahayanya dapat memengaruhi tidur. Kotak kabel, jam alarm digital, dan perangkat lainnya yang bercahaya dapat mengganggu tidurmu. Cobalah untuk meletakkan barang-barang tersebut di kabinet atau lemari.

Baca juga:  Potensi Tambak di Budeng Manfaatkan Lahan Tidur

2. Pilih Warna yang Kondusif

Warna cat kamar juga dapat memengaruhi kualitas tidur. Warna yang memiliki kesan sejuk seperti biru muda, abu-abu, perak, hijau, lavender, serta warna netral lainnya ideal untuk kamar tidur. Warna yang terkesan dingin dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung untuk memastikan tidur nyenyak.

3. Pilih Kasur Berkualitas Baik

Kasur dengan kualitas yang baik dapat meningkatkan kualitas tidurmu, terutama saat bekerja seharian atau saat tubuh terasa lelah. Faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih kasur adalah kenyamanan, ukuran, dan usia. Kasur yang lebih lembut mungkin akan lebih nyaman untuk usia yang lebih tua.

Baca juga:  Lion Air Sering Bermasalah, Ini Dilakukan Kemenhub

4. Tutupi Cahaya yang Masuk

Cahaya yang masuk ke kamar tidur akan membuatmu terganggu dan susah tidur. Idealnya, kamar tidur harus segelap mungkin. Pasang tirai anti tembus pandang di jendela kamar untuk menghindari cahaya yang masuk.

5. Pastikan Kamar Tenang

Memasang karpet di kamar dapat membantu mengurangi kebisingan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengurangi kebisingan dengan memasang furniture berlapis kain.

Baca juga:  Kemenkes Catat Penurunan Tempat Tidur Rumah Sakit

6. Pilih Tempat Tidur yang Tepat

Tempat tidur memainkan peran besar dalam menjaga kualitas tidur. Tempat tidur yang serba putih akan memberikan kesan bersih dan mewah. Namun, warna putih juga dapat merusak kualitas tidur karena dapat memantulkkan cahaya, yang menghentikan produksi melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur tidur.

Tips-tips di atas akan membantumu mendapatkan kualitas tidur terbaik. Namun, jika kualitas tidurmu masih kurang, mungkin ada beberapa faktor lain yang mempengaruhinya. (kmb/balipost)

BAGIKAN