Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menghadapi pasangan yang ngambek mungkin membuatmu pusing dan bingung harus melakukan apa. Kamu mungkin takut jika hubunganmu memburuk atau bahkan berakhir.

Nah, untuk mengatasi pasangan yang ngambek, kamu bisa mengikuti tujuh cara berikut :

1. Hadapi dengan Sabar dan Tenang

Saat pasanganmu ngambek, kamu jangan ikut ngambek atau tersulut emosi. Itu akan membuat segalanya semakin parah dan kemungkinan kalian hanya akan bertengkar. Hadapi dengan sabar dan tenang, jangan sampai kamu ikut tersulut emosi.

2. Berikan Dia Waktu untuk Sendiri

Jika pasanganmu tidak ingin diganggu, berikan dia waktu untuk sendiri. Cobalah untuk menghargainya jika dia memang ingin sendiri dan jangan memaksanya. Mungkin saja dia merasa lebih tenang ketika sendiri dan membutuhkan waktu untuk berpikir.

Baca juga:  Rumah Rusak Diterjang Longsor, Warga Antiga Ngungsi

3. Ajak Komunikasi

Mengabaikan pasanganmu yang ngambek hanya akan membawa hubunganmu pada masalah baru. Hal-hal yang dipendam terlalu lama dapat meledak sewaktu-waktu. Maka dari itu, cobalah untuk berkomunikasi dengan pasanganmu. Tanyakan padanya apa yang membuatnya seperti itu dan apa yang dia inginkan.

4. Berikan Kejutan

Memberikan kejutan pada pasanganmu mungkin dapat membuatnya lupa dengan hal-hal yang membuatnya ngambek. Selain itu, kamu juga bisa menunjukkan rasa sayang dan perhatianmu padanya. Kamu dapat memberi kejutan berupa hadiah, makanan kesukaannya, atau memberi kejutan dengan kedatanganmu.

Baca juga:  Diduga Ngambek, Pelajar Nekat Tenggak Pemutih Pakaian

5. Ajak Bepergian

Selain kejutan, berlibur bersama juga bisa membuat pasanganmu lupa dengan hal-hal yang membuatnya ngambek. Kamu bisa mengajaknya bepergian ke alam agar pikirannya lebih tenang dan rileks. Kamu juga bisa mengajaknya bermain di time zone atau taman rekreasi untuk membakar amarahnya dengan aktivitas fisik.

6. Akui Kesalahan dan Meminta Maaf

Jika alasannya ngambek berasal dari dirimu sendiri dan memang kesalahanmu, akui kesalahan itu dan meminta maaf padanya dengan tulus. Berani mengakui kesalahan dan mau untuk minta maaf akan membuat hubunganmu awet.

Baca juga:  Kurangi Polusi Laut, Ratusan Pemengaruh Hadiri Bali Ocean Days

7. Cairkan Suasana dengan Humor

Saat suasana sudah dingin, kamu bisa mencairkan suasana dengan humor. Namun, perhatikan lelucon yang kamu lontarkan agar tidak membuatnya semakin marah.

Mempertahankan sebuah hubungan bukan hanya kewajiban satu pihak, tapi harus dilakukan oleh kedua belah pihak. Maka dari itu, belajarlah untuk saling menyayangi dan menghargai. (kmb/balipost)

BAGIKAN