Concealer. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Concealer merupakan produk kecantikan yang digunakan untuk memberikan efek wajah yang tampak lebih mulus. Produk ini biasanya digunakan untuk menyamarkan noda pada wajah, seperti noda hitam, bekas jerawat, dan mata panda.

Sebelum memilih concealer, kamu perlu mengetahui beberapa jenis concealer agar tidak salah memilih. Berikut empat jenis concealer yang dilansir dari Mybest.

1. Concealer Stick

Concealer tipe stick memiliki kemampuan menyamarkan noda paling baik di antara semua jenis concealer. Akan tetapi, jika kamu mengaplikasikan terlalu banyak, kamu mungkin merasa tidak nyaman karena terlalu tebal.

Concealer tipe ini mudah dibawa ke mana-mana dan mudah digunakan untuk kamu yang baru belajar menggunakan makeup. Memiliki daya coverage yang tinggi, concealer ini dapat digunakan untuk menyamarkan noda hitam, bitnik-bintik di wajah, dan bekas jerawat.

Namun, concealer tipe ini tidak terlalu cocok untuk jenis kulit berminyak karena memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi, sehingga riasan lebih mudah geser apabila diaplikasikan di kulit bermintak.

Baca juga:  Ini, 7 Tips Padu Padan Sweater ala Musisi Indonesia

Ada beberapa merk concealer stick yang bisa kamu gunakan, mulai dari HD Cover Stick dari Absolute New York, On Stage Creamy Concealer dari Face2Face, hingga UV Whitening Concealing Base dari PIXY.

2. Concealer Liquid

Tekstur yang dimiliki concealer liquid cenderung lembut dan mudah diratakan. Tipe ini dapat digunakan untuk menutupi area kulit yang luas, seperti menyamarkan pipi kemerahan, freckles, dan kantong mata.

Sayangnya, daya coverage concealer tipe ini cenderung lemah, sehingga tidak cocok digunakan untuk menyamarkan tahi lalat dan memar. Jika kamu ingin tampil natural dengan riasan yang ringan, kamu bisa menggunakan concealer liquid.

Concealer ini biasanya diaplikasikan dengan bantuan spons atau kuas. Selain itu, concealer liquid cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit berminyak.

Baca juga:  Laksmi Shari akan Gunakan Busana Nasional "The Glorious Phinisi" di Miss Universe 2022

Beberapa rekomendasi merk concealer tipe ini yaitu Perfect Conceal Serum Skin Corrector dari Dear Me Beauty, Infallible More Than Concealer dari L’Oreal Paris, hingga HD Pro Conceal dari L.A. Girl.

3. Cream Concealer

Menggabungkan kelebihan stick dan liquid concealer, cream concealer memiliki daya coverage tinggi dan memberikan tampilan natural pada wajah. Tipe ini juga memiliki tekstur yang lembut dan ringan, sehingga dapat digunakan untuk menyamarkan kerutan di area hidung dan bibir.

Jika kamu ingin makeup yang full coverage, kamu bisa mempertimbangkan concealer jenis ini. Selain itu, karena daya coverage yang tinggi, concealer ini dapat menyamarkan lek hitam tanpa bantuan corrector.

Untuk mengaplikasikannya kamu membutuhkan bantuan brush. Beberapa merk concealer jenis ini bahkan tersedia dalam bentuk palet yang terdiri dari beberapa warna yang bisa kamu campur.

Baca juga:  Wastra Bali Go International, Empat Desainer Muda Bali Tampil di Paris

Beberapa rekomendasi produk cream concealer yaitu Wardah Double Function Kit, Catrice Cream Concealer, Make Over Camouflage Cream Face Concealer, dan Focallure Full Coverage Concealer Cream.

4. Concealer Pencil

Jika kamu ingin menyamarkan bitnik wajah di beberapa area terpisah, kamu bisa menggunakan concealer pencil. Namun, tipe ini kurang cocok untuk digunakan di area yang luas dan tidak disarankan untuk digunakan pada area kulit tipis, seperti area mata.

Hindari penggunaan di area berjerawat karena tekturnya cukup keras dan berisiko mengiritasi. Gunakan concealer tipe ini untuk merapikan, mengoreksi, dan mempertegas bingkai alis atau pinggiran bibir.

Rekomendasi produk concealer tipe ini yaitu NYX Wonder Pencil, Inez True Match Concealer Pencil, Misslyn Skin Corrector, dan Absolute New York All Purpose Pencil Concealer.

Nah, setelah kamu mengenal jenis-jenis concealer, kamu bisa mempertimbangkan concealer yang sesuai dengan kebutuhanmu. (kmb/balipost)

BAGIKAN