Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Teknik Pomodoro merupakan teknik manajemen waktu yang dapat membantumu untuk bekerja lebih produktif. Teknik ini dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Francesco Cirillo dan telah digunakan secara luas oleh orang-orang untuk melakukan tugas dalam waktu singkat.

Dilansir dari Revolution Learning and Development UK, teknik ini menunjukkan pembagian waktu menjadi bagian-bagian kecil dan menyelipkan waktu untuk istirahat. Berikut langkah-langkah teknik pomodoro :

1. Tentukan Tugas Apa yang Akan Dikerjakan

Identifikasi tugas apa yang harus kamu lakukan. Idealnya, lakukan tugas yang singkat atau tugas-tugas kecil yang dapat kamu selesaikan dalam satu waktu. Namun, jika kamu memiliki tugas yang lebih besar, kemu bisa membaginya menjadi beberapa bagian yang dapat diselesaikan tidak lebih dari 25 menit. Tentukan urutan penyelesaian tugas agar lebih jelas dan pikirkan bagaimana hasil akhir yang kamu inginkan.

Baca juga:  Hadapi Cuaca Ekstrem, Ini Dilakukan Polresta

2. Pasang Alarm 25 Menit

Langkah kedua adalah memasang alarm selama 25 menit. Daripada mengingatnya atau selalu memeriksa jam, lebih baik kamu memasang alarm dengan nada dering yang dapat memecah konsentrasimu.

3. Kerjakan Tugas Hingga Alarm Berbunyi

Fokuslah pada tugas-tugasmu dan hindari interupsi atau gangguan. Kamu bisa mengerjakan tugasmu di tempat yang tenang agar terhindar dari gangguan. Selain itu, sebaiknya kamu menaruh ponselmu di tempat yang tidak terjangkau atau mengaktifkan mode silent agar kamu tidak terganggu.

Baca juga:  Angka Kemiskinan Hanya 3,6 Persen, Bali Hadapi Tantangan Baru Bernama Corona

4. Istirahat 5 Menit

Istirahat yang cukup adalah istirahat 5 menit saat alarm berbunyi. Hindari untuk mengambil waktu istirahat lebih lama. Kamu bisa keluar sejenak dari ruang kerjamu atau meregangkan tubuhmu agar tidak terasa lelah.

5. Ulangi Poin 2 dan 3

Ulangi langkah 2 dan 3 sebanyak tiga kali lagi, sehingga total kamu dapat mengerjakan tugas adalah selama satu jam.

6. Istirahat 15-30 Menit

Setelah kamu bekerja selama satu jam dan mengulangi langkah-langkah di atas sebanyak empat kali, kamu bisa beristirahat selama 15-30 menit. Istirahatlah terlebih dahulu sebelum melanjutkan tugas lainnya.

Baca juga:  Jatuh Saat Melaut, Nelayan Hilang di Perairan Bunutan

Beristirahat sejenak di sela-sela pengerjaan tugas dapat membantumu meningkatkan produktivitas dan fokus. Gunakan teknik pomodoro ini jika kamu ingin lebih produktif dan berkonsentrasi saat bekerja. (kmb/balipost)

BAGIKAN