SMP PGRI Ubud kini resmi beralih menjadi SMPN 4 Ubud. (BP/kup)

GIANYAR, BALIPOST.com – SMP PGRI Ubud kini resmi beralih menjadi SMPN 4 Ubud. Bupati Gianyar I Made Mahayastra saat menyerahkan SK SMP Negeri 4 Ubud kepada Bendesa Desa Pakraman Peliatan, Selasa (24/1) di Pura Dalem Gede Peliatan mengatakan peralihan sekolah swasta ke negeri tersebut dilaksanakan mengingat beberapa tahun belakangan terjadi peningkatan keinginan siswa dan orangtua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri.

Diungkapkannya, berbeda dengan saat tahun 90-an masyarakat memandang sekolah swasta sangat bergengsi. Kini animo pelajar masuk di sekolah swasta menurun sehingga semakin jarang siswa yang berminat bersekolah di sekolah swasta. “Maka atas permintaan dari Desa Adat Peliatan, Pemkab Gianyar memfasilitasi peralihan Sekolah PGRI menjadi SMP N 4 Ubud sehingga mampu memberikan kualitas pendidikan yang baik,” ucapnya.

Baca juga:  Revitalisasi Pasar Seni Sukawati Dikeluhkan, Sejumlah Rumah Warga Rusak

Bupati asal Payangan ini menjelaskan keberadaan SMP N 4 Ubud tersebut untuk menampung siswa dari Desa Peliatan dan Desa Mas yang memang secara zona lumayan jauh dari SMP Negeri 1 Ubud atau SMP Negeri lainnya di daerah Ubud. Mahayastra juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,7 miliar sebagai biaya operasional sekolah atau renovasi sekolah.

Bendesa Desa Adat Peliatan Ketut Sandi mengatakan dalam kurun waktu 3 bulan mengajukan kepada bupati sudah bisa diterbitkan surat keputusan penetapan SMPN 4 ini. Sandi tidak menampik setiap tahun ajaran baru banyak warganya yang susah mendapatkan sekolah karena jauh dari zona sekolah negeri yang ada di daerah Ubud. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Hampir Rampung, Kasus Pembunuhan Tiga Anak oleh Ibu Kandungnya Segera Dilimpahkan
BAGIKAN