Panorama Pengunungan Alpen. (BP/Britannica.com)

DENPASAR, BALIPOST.com – Swiss atau Switzerland merupakan negara yang dapat menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik. Kalau kamu memiliki rencana untuk berlibur ke luar negeri, tentunya Swiss menjadi negara yang harus kamu pertimbangkan.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus mengunjungi Swiss :

1. Memiliki Bentang Alam yang Menakjubkan

Swiss merupakan negara yang memiliki bentang alam berupa Pegunungan Alpen, Plato Swiss, dan Jura. Sebagian besar wilayahnya didominasi Pegunungan Alpen dengan ketinggian sekitar 13.000 kaki atau 4.000 mdpl.

Negara ini menawarkan panorama yang mengagumkan dengan pemandangan hutam, rumput, dan gletser. Swiss juga memiliki sekitar tujuh ribu danau dengan kualitas air yang sangat jernih. Maka dari itu, negara ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena bentang alamnya yang menakjubkan.

Baca juga:  Warga Swiss Ngamuk, Staf Konsulat Dianiaya

2. Negara Termakmur

Swiss memiliki ekonomi yang sangat stabil, makmur, dan berteknologi tinggi. Pada tahun 2011, Swiss termasuk dalam golongan negara termakmur di dunia berdasarkan pendapatan per kapita.

Beberapa perusahaan multinasional berasal dari Swiss, seperti Glencore, Nestle, Novartis, Hoffmann-La Roche, ABB, Grup Mercuria Energy, dan Adecco. Selain itu, sektor pariwisata di negara ini juga menopang ekonomi Swiss. Negara ini juga memiliki pasar kerja yang lebih fleksibel dan tingkat penggangguran yang sangat rendah.

3. Negara dengan Tingkat Kriminalitas Rendah

Negara satu ini dianggap sebagai negara teraman di dunia karena tugas-tugas polisi dapat terdistribusi dengan baik. Alasan lain yang membuat kriminalitas negara ini rendah adalah kestabilan ekonominya.

Baca juga:  Inggris Sederhanakan Aturan Perjalanan International

Swiss sempat menjadi negara dengan PDB per kapita tertinggi ke-12 dari seluruh negara di dunia.

4. Produsen Cokelat Terbesar

Swiss merupakan negara penghasil dan pemakan cokelat terbesar di dunia. Negara ini mulai memproduksi cokelat sekitar abad ke-17 dan konsumsi per tahunnya dapat mencapai 10,11 kilogram.

Swiss selalu mengutamakan kualitas bahan untuk menghasilkan rasa yang premium. Beberapa merk cokelat ternama asal Swiss, yaitu Toblerone, Cailler Nestle, Lindt, Swiss Army, dan Glando.

5. Dijuluki Negara Netral

Swiss dijuluki sebagai negara negara netral, tapi tetap memiliki kerja sama yang kuat dengan dunia internasional. Bahkan, beberapa organisasi internasional memiliki di Swiss. Selain itu, Swiss juga merupakan anggota PBB, OECD, G-10, ADB, AfDB, dan organisasi internasional lainnya.

Baca juga:  Putra Pertama Ridwan Kamil Hilang di Swiss

6. Olahan Keju yang Nikmat

Selain terkenal dengan cokelatnya, Swiss juga terkenal sebagai negara yang memproduksi keju. Hingga saat ini, Swiss telah memperoduksi lebih dari 450 jenis keju dan pembuatan keju telah menjadi tradisi selama beratur-ratus tahun.

Keju Swiss dikenal memiliki ciri yang khas, yaitu berwarna kuning pucat, mengandung sedikit rasa kacang, dan memiliki banyak lubang pada teksturnya.

Tentunya kenikmatan di atas hanya bisa kamu rasakan di Swiss. Jadi tunggu apa lagi? Tidak usah pikir panjang dan segera kemas barang bawaanmu. (kmb/balipost)

BAGIKAN