Ilustrasi. (BP/ist)

BANGLI, BALIPOST.com – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Bangli tahun ini bakal memasang CCTV di beberapa titik yang menjadi pintu masuk kota Bangli. CCTV yang akan dipasang merupakan pengadaan tahun 2021, dan saat ini terpasang di areal Kantor Bupati Bangli.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bangli I Wayan Dirgayusa mengaku pihaknya sudah memetakan lokasi-lokasi yang bakal dipasangi CCTV. Yakni di simpang tiga Patung Adipura, di traffic light wilayah Kelurahan Kawan dan trafic lihgt wilayah Kelurahan Cempaga. Tiga titik itu dianggap penting dipasangi CCTV karena merupakan pintu masuk kota Bangli. Selain itu CCTV juga akan dipasang di Desa Wisata Penglipuran.

Baca juga:  Wakapolda Larang Personel "Over Acting" Unggah Tangkapan di Medsos

Kata Dirgayusa, CCTV yang akan dipasang di beberapa titik tersebut adalah hasil pengadaan tahun 2021 lalu. Dimana selama ini CCTV itu terpasang di areal Kantor Bupati Bangli. “Jadi nanti akan digeser (dipindahkan),” ujarnya.

Mantan Camat Kintamani itu menyebutkan saat ini beberapa titik di wilayah Kota Bangli sudah dipasangi CCTV. Seperti di catus pata dekat kantor BPD bangli, catus pata dekat Kantor Bupati Bangli, Alun-Alun Bangli, simpang tiga selatan Kantor DPRD Bangli dan di Bale Kambang.

Baca juga:  Berpotensi Tersapu Tsunami saat Gempa Besar, BMKG Lakukan 3 Upaya Ini di Bandara Ngurah Rai

Pemasangan CCTV bertujuan untuk mengontrol situasi sekaligus untuk informasi kepada masyarakat. Kata Dirgayusa, lewat CCTV yang terpasang masyarakat bisa memantau situasi di sekitar. “Kami akan siapkan aplikasinya, jadi masyarakat bisa akses di sana sehingga bisa dapat informasi. Misalnya apakah di sekitar lokasi hujan atau tidak, termasuk informasi lainnya,” jelasnya.

Dirgayusa menambahkan sesuai masterplan yang telah dibuatnya, masih ada beberapa titik lainnya yang juga perlu dipasangi CCTV. Diantaranya Pasar Singamandawa, Dermaga Kedisan, Penelokan, obyek daya tarik wisata Pura Kehen, Pasar Kayuambua, Pasar Kidul dan beberapa titik lainnya. Pemasangan CCTV di titik-titik tersebut akan dilakukan secara bertahap. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Kasus di Bali Jadi 79, Ini Kabupaten yang Alami Pertambahan Warga Positif COVID-19
BAGIKAN