akomodasi
Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Menghemat uang bukanlah perkara yang mudah, apalagi jika kamu selama ini memiliki pola hidup konsumtif. Untuk mengubah gaya hidupmu, kamu bisa melakukan enam tips ini untuk berhemat:

1. Bawa Bekal

Jika kamu sedang kuliah atau bekerja, kamu bisa membawa bekal ke tempat kerjamu. Membawa bekal akan mengurangi pengeluaranmu ketika di luar. Selain itu, kamu juga dapat terhindar dari risiko mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Baca juga:  Begini, Tips Atasi Anak Susah Makan

2. Mimalisir Nongkrong

Nongkrong bersama teman tentunya mengeluarkan uang, apalagi jika kamu suka nongkrong di coffee shop. Sebaiknya kamu sekali-kali menolak ajakan temanmu untuk nongkrong, atau kamu bisa menentukan minimal kamu bisa nongkrong berapa kali dalam sebulan, tapi jangan keseringan, ya.

3. Beli Saat Butuh

Saat berjalan-jalan di mal, kamu mungkin tergiur dengan benda-benda yang bahkan sebenarnya tidak kamu butuhkan. Hindari gaya hidup konsumtif seperti ini jika kamu ingin mulai berhemat dan belilah barang yang memang kamu butuhkan.

Baca juga:  Pohon Tutup Akses Jalan Amlapura-Klungkung, Picu Kemacetan Panjang

4. Sisihkan Uang untuk Menabung

Setiap kamu mendapatkan uang atau gajian, kamu bisa menyisihkan beberapa persen dari uang tersebut untuk ditabung. Menabung sedini mungkin juga akan bermanfaat untuk masa depanmu nanti.

5. Jangan Tergiur Diskon

Siapa yang tidak mudah tergiur dengan diskon-diskon besar? Nyatanya diskon-diskon itu hanyalah metode pemasaran semata. Saat kamu membeli banyak barang hanya karena barang-barang tersebut sedang diskon, kamu tidak akan sadar bahwa saat itu juga kamu sudah mengeluarkan banyak uang.

Baca juga:  Setengah Jumlah UMKM Bali Ada di Gianyar

6. Buat Catatan Keuangan

Mencatat pengeluaran dan pemasukanmu setiap hari sangat penting agar kamu mengetahui bagaimana dan ke mana jalannya uangmu.

Yuk mulai berhemat mulai sekarang agar kamu tidak kesulitan dalam mengatur keuanganmu. (kmb/balipost)

BAGIKAN