Nyoman Kami Artana. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kerta Bali Saguna, Nyoman Kami Artana, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya fesyen The Magnificent of Wastra Bali, di Le Salon Des Miroirs, Paris, Sabtu (10/12). Menurutnya, even yang luar biasa ini adalah murni gagasan Ny. Putri Suastini Koster untuk memperkenalkan kain Endek Bali lewat beberapa disainer Bali.

Bahkan, lanjutnya, bisa dipastikan, bukan hanya luar biasa, tapi even seperti ini adalah yang pertama kali dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali. Pria asal Buleleng ini mengungkapkan bahwa acara ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari kerjasama Dior dengan Pemerintah Provinsi Bali dalam pengembangan penggunaan Endek Bali dengan visi mendunia. Dalam mendukung visi tersebut, Perumda Kerta Bali Saguna ikut hadir dan menjadi salah satu pendukung even ini.

“Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Bali, Perumda Kerta Bali Saguna memiliki tujuan salah satunya adalah sebagai katalisator pengembangan usaha termasuk usaha yg dilakukan pengrajin atau industri mikro, kecil, dan menengah. Oleh sebab kami ikut merasa bangga akan terselenggaranya even yang luar biasa ini,” ujar Kami Artana.

Lebih jauh, jebolan ITB ini memberi pesan kepada para disainer yang mendapat kesempatan ikut dalam kegiatan ini agar terus bekerja cerdas, berkreasi, berinovasi, dan pantang menyerah dalam menghasilkan karya yang unik dan berkelas. Dengan demikian harapannya nanti adalah kain endek Bali berikut rancangan dan seninya akan menjadi trend fesyen kelas dunia.

Baca juga:  Koster : Kita Harus Bangun Spirit Kebersamaan dan Gotong Royong Bangun Bali

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Balimall.id, Ni Wayan Sri Ariyani mengungkapkan dirinya tidak menyangka bahwa cita-citanya untuk membangun platform Balimall.id bisa berkembang pesat di kancah nasional dalam waktu kurang dari satu tahun. Meskipun awalnya ada rasa bimbang dan tidak percaya diri mengingat masyarakat Bali telah banyak mengetahui dan menggunakan aplikasi marketplace lain yang sudah mapan dalam kesehariannya.

Ni Wayan Sri Ariyani. (BP/Istimewa)

“Balimall.id merupakan marketplace karya anak Bali yang memiliki konsep dari, oleh dan untuk Bali dan memiliki cita-cita agar bisa menjadi marketplace dari Bali untuk dunia. Meskipun kita terlahir dari satu pulau kecil, astungkara tidak sampai setahun sudah bisa merambah ke nasional,” ujar Ni Wayan Sri Ariyani di sela-sela mengikuti kegiatan Le Magnifique De Wastra Bali di Paris, Sabtu (10/12/2022), yang disponsori Balimall.id.

“Saya sangat mengapresiasi upaya ibu Putri Koster yang tidak pernah lelah membangkitkan IKM melalui berbagai kegiatan inovatif dan kreatif. Idenya juga tidak pernah habis, selalu mengalir. Terlebih ditengah keterpurukan akibat pandemi Covid19, kehadiran beliau dengan terobosan-terobosan kegiatan, semisal Pameran Bali Bangkit, telah memberikan angin segar kepada IKM,” ujarnya.

Menurut ibu kelahiran Bangli ini, dirinya sebagai pengusaha wajib ikut membantu upaya-upaya Pemprov Bali untuk bahu membahu membangkitkan IKM Bali. Oleh karenanya, begitu mendapat tawaran untuk berpartisipasi dalam ajang ini, tanpa berpikir panjang langsung mengiyakan dan menyanggupi untuk ikut urunan membiayai pelaksanaan kegiatannya.

Baca juga:  Keberadaannya Makin Menurun, Angkot di Denpasar Tersisa 2 Unit

Diakuinya, produk desain pakaian berbahan kain tradisional Bali sangat berkualitas dan diminati. Dalam catatannya, tidak sedikit transaksi terkait produk fesyen berbahan kain tenun tradisional Bali dilakukan melalui Balimall.id.

Dukungan lain juga datang dari Bank BPD Bali yang memiliki visi dan misi untuk membantu pengembangan UMKM dan hal ini searah dengan Corporate plan Bank BPD Bali serta arahan pemerintah dan regulator agar perbankan meningkatkan peran pada penyaluran kredit pada UMKM. Selama pandemi Covid-19, Bank BPD Bali senantiasa fokus  pada pemulihan perekonomian Bali, salah satunya dengan pemberdayaan UMKM.

Direktur Utama BPD Bali, Nyoman Sudharma disela mendampingi acara Le Magnifique De Wastra Bali di Paris, Sabtu (10/12) siang waktu setempat, mengatakan Bank BPD Bali juga hadir untuk menguatkan sektor UMKM di Bali dengan membuka langsung showcase UMKM di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Nyoman Sudharma. (BP/Istimewa)

Bank BPD Bali secara konsisten melakukan penyaluran KUR dan mendukung pembiayaan UMKM yang sampai bulan Nopember 2022 sudah mencapai 46%. Padahal, lanjut Sudharma, harapan regulator sampai dengan tahun 2024 diharapkan pembiayaan pada UMKM oleh Perbankan minimal 30%.

Baca juga:  Dihadiri Gubernur Koster, Pameran IKM Bali Bangkit III 2023 Resmi Dibuka

Selain itu, Bank BPD Bali turut andil dalam mempercepat penggunaan produk dalam negeri, serta aktif dalam program bisnis matching melalui e-marketplace, sehingga Bali menjadi percontohan. Kepedulian Bank BPD Bali juga ditunjukkan dengan ikut berperan serta mensponsori terlaksananya acara Le Magnifique De Wastra Bali di Paris.

“Saya mencoba membantu dunia IKM/UMKM yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Bali dan Dekranasda Bali. Langkah orisinil dan cerdas Ny. Putri Koster melalui fesyen di kota mode Paris ini perlu kita dukung dan sukseskan bersama,” ujar Sudharma.

Menurut pria asal Ungasan Badung ini, kegiatan fesyen di Paris merupakan misi budaya dan seni. Juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya diplomasi indonesia, khususnya Bali dalam memperkenalkan seni budayanya dalam bidang wastra serta produk UMKM lainnya.

“Upaya kita bersama untuk mempromosikan produk IKM di Bali, khususnya membawa wastra Bali go Internasional serta merangsang UMKM untuk lebih kreatif dalam berkarya dan memajukan perekonomian,” pungkas Sudharma merasa sangat senang bisa membantu terlaksananya kegiatan ini.

Patut diketahui, Bank BPD Bali selama 2 tahun terakhir telah berkolaborasi dengan Dekranasda Provinsi Bali dalam Pameran IKM/UMKM di Art Center serta pameran-pameran lainnya termasuk terakhir di Jakarta dalam Pameran Kriya Nusantara. (kmb/balipost)

BAGIKAN