Wisatawan berjalan melihat suasana di Pasar Badung, Denpasar, Minggu (11/12). Kunjungan wisatawan mancanegar ke pasar ini mulai mengalami peningkatan. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pasar Badung dan Kumbasari menjadi salah satu destinasi wisata kota di Denpasar. Destinasi ini di saat pandemi Covid-19 sudah melandai seperti sekarang ini, mulai dikunjungi wisatawan mancanegara (wisman).

Bahkan, Perumda Pasar Sewakadarma telah mencatat dalam sebulan sebanyak 1600-an wisman berkunjung ke pasar ini. Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, I.B.Kompyang Wiranata, Minggu (11/12), mengatakan, pasar yang dikelolanya ini sudah sering dikunjungi wisatawan.

Baca juga:  Promosi Sukses, 173 Buyer Negeri Raja Salman Minati Pariwisata Indonesia

Mereka lebih banyak datang bergroup. Baik kecil, sedang dan bahkan group lebih besar seperti wisatawan kapal pesiar. “Kalau rombongan kapal pesiar, biasanya jumlahnya cukup banyak,” katanya.

Selain penumpang kapal pesiar, juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara secara perseorangan. Kalau datang ke Pasar Badung biasanya mereka mengajak guide masing-masing. Dan guide ini sudah tahu alur kunjungannya.

Selain itu, jika ada pemberitahuan ke unit Pasar Badung, maka akan ada petugas yang mengarahkan wisatawan ini termasuk menjelaskan seluk beluk pasar. Wiranata mengatakan, dalam sebulan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pasar Badung mencapai 1.622 orang di November.

Baca juga:  Ditanam di Areal Pura Pasar Agung, Dua Benda Misterius Diamankan

Jumlah kunjungan wisatawan terbanyak datang dari Australia sebanyak 515 orang. Kemudian disusul wisatawan asal Prancis sebanyak 183 orang dan asal Amerika sebanyak 180 orang. Selain itu, ada juga dari Spanyol sebanyak 149 orang, India sebanyak 119 orang, dan wisatawan dari negara lain dengan jumlah di bawah seratus. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN