Kegiatan donor darah. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Untuk membantu menjaga ketersediaan stok darah yang sehat, Palang Merah Indonesia (PMI) menggandeng Bali Post dan Bali TV menyelenggarakan donor darah untuk kemanusiaan. Kegiatan diselenggarakan di Warung Bali Coffee 63, Jalan Veteran Denpasar, Jumat (9/12).

Lelaksanaan donor darah dimulai mulai pukul 9.00 sampai 13.00 WITA. Aksi kemanusiaan ini dibuka untuk masyarakat umum, dengan syarat telah menerima vaksin COVID-19 dosis ke dua dan booster.

Baca juga:  Ribuan PMI Dikarantina di Rusun Nagrak

Para pendonor diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti yang diketahui, donor darah merupakan satu anugerah kesehatan. Karena dengan rutin berdonor, manusia akan mendapatkan kesehatan, sekaligus juga membantu sesama yang sakit untuk menjadi sehat lewat transfusi darah.

Donor darah juga merupakan sebuah yadnya. Donor darah memiliki banyak keuntungan. Seperti, dapat mendeteksi seluruh penyakit yang ada didalam tubuh. Hal itu dikarenakan si pendonor akan dapat pemeriksaan kesehatan gratis.

Baca juga:  Perketat Prokes Hadapi Covid-19 Varian Baru

Pemeriksaan itu meliputi hepatitis A, B, malaria, HIV, AIDS, dan spilis. Untuk itu sangat diharapkan masyarakat, terutama generasi muda agar mulai belajar donor darah dari usia 17 sampai 65 tahun. Karena mendeteksi kesehatan secara rutin dari usia muda sangatlah baik. (Eka Adhiyasa/balipost)

BAGIKAN