Suasana di TPB Margarana, Tabanan saat peringatan Puputan Margarana, Minggu (20/11). (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Menjadi tradisi rutin setiap tahun tepatnya pada Peringatan Puputan Margarana, 20 November, areal tugu pahlawan Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, kecamatan Marga, Tabanan dipenuhi keluarga pahlawan yang melakukan kegiatan ziarah. Mereka bersembahyang mendoakan agar sang pejuang mendapatkan tempat yang terbaik.

Begitupun tugu pahlawan Gusti Ngurah Rai ramai silih berganti didatangi para peziarah. Dari pantauan areal tugu pahlawan TPB Margarana sejak pagi pukul 07.00 WITA sudah mulai ramai para peziarah yang merupakan keluarga besar pahlawan.

Baca juga:  Hasil Lab Dua WNA di Tabanan Lama Keluar, Ini Penjelasannya

Tampak pula, rombongan siswa SD yang ikut memperingati hari bersejarah ini dengan kegiatan tabur bunga serta melihat barang barang bersejarah di gedung sejarah TPB Margarana.

Keluarga dari pahlawan yang gugur saat perang melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Margarana, Tabanan pada Minggu (20/11). (BP/bit)

Seorang keluarga pahlawan, Gusti Ayu Made Taman (60) warga Banjar Bugbugan, Desa Senganan, Penebel Tabanan mengajak kedua cucunya untuk berziarah ke makam pahlawan Gusti Ngurah Made Arka yang tak lain adalah kakek buyut dari Made Taman. Berboncengan bertiga, ia mengaku datang pagi bersama kedua cucunya untuk bisa segera melakukan ziarah.

Baca juga:  Pariwisata Denpasar Terdongkrak Libur Lebaran, Kunjungan Lebihi Prediksi

“Rutin tiap tahun saya ziarah ke makam kakek buyut, sekarang dengan dua cucu, supaya mereka tahu perjuangan pendahulu. Apalagi salah satu cucu saya ini yang paling kecil ‘temurun’ dari almarhum,” terangnya, Minggu (20/11).

Ia pun berharap apa yang telah diperjuangkan oleh leluhur bisa nantinya diteruskan pada para anak cucu selanjutnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN