Presiden China Xi Jinping, bertolak ke negaranya, Kamis (17/11), setelah mengikuti KTT G20 di Bali. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Presiden China Xi Jinping, bertolak ke negaranya, Kamis (17/11), setelah mengikuti KTT G20 di Bali. Dari pantauan, iring-iringan Presiden Xi tiba di kawasan Tuban sekitar pukul 11.15 WITA.

Ratusan warga dengan membawa bendera, telah bersiap di pinggir jalan untuk melepas keberangkatan. Selain dilepas ratusan warga, Xi Jinping juga diiringi Tari Pendet saat menaiki pesawat kepresidenan.

Terkait kepulangan kepala negara dan delegasi, sejak Rabu (16/11) pagi hingga tengah malam, terdapat 39 keberangkatan penerbangan VVIP. Baik menggunakan pesawat kenegaraan maupun komersial.

Dari total penerbangan, sebanyak 25 penerbangan merupakan pesawat para kepala negara dan pimpinan lembaga internasional, sementara sisanya adalah pesawat yang mengangkut para tim pendukung delegasi.

Baca juga:  KTT G20, Sistem Ganjil Genap Diberlakukan di Sejumlah Ruas Jalan Ini Selama Sepekan

Beberapa pesawat VVIP yang berangkat pada Rabu (16/11) yaitu, pesawat Air Force One Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang berangkat pukul 14.26 WITA, pesawat kenegaraan Presiden Turki Erdogan yang berangkat pukul 16.05 WITA, serta pesawat Presiden Perancis Emmanuel Macron yang berangkat pukul 19.30 WITA.

Sebelumnya pada Selasa (15/11), terdapat 5 keberangkatan penerbangan VVIP dari Bandara Ngurah Rai. “Dari Selasa sampai Rabu, secara umum pengaturan penerbangan kepulangan para delegasi berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, Kamis (17/11).

Baca juga:  Sejumlah Objek di Karangasem Jadi Lokasi Kunjungan Delegasi G20

Dikatakan, pada Kamis ini, masih ada sejumlah penerbangan VVIP, namun jumlahnya relatif tidak banyak seperti Rabu. Selain pesawat pemimpin negara, sebanyak 10 pesawat komersial juga berangkat dari Bandara Ngurah Rai membawa pulang para pemimpin dan rombongan dari organisasi internasional, di antaranya yaitu Bank Dunia, Asian Development Bank (ADB), Komisi Eropa, International Labour Organization (ILO), serta World Trade Organization (WTO).

Berdasarkan data dari Direktorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara pada Rabu (16/11), tercatat total pergerakan pesawat dalam negeri sebanyak 126 penerbangan, pergerakan pesawat luar negeri 115 penerbangan, total penumpang dalam negeri 15.665 pax, serta total penumpang luar negeri 18.531 pax.

Baca juga:  PPKM Mikro, Puluhan Pengusaha Salah Tafsir Soal Kebijakan Ini

Pada 16 November 2022, untuk penerbangan reguler domestik tersedia sebanyak 141 slot penerbangan dengan kapasitas 22.837 kursi atau 61 persen dari periode normal (233 slot dengan kapasitas 40.067 kursi). Sedangkan untuk penerbangan reguler internasional tersedia sebanyak 174 slot dengan kapasitas 40.872 kursi atau 111 persen dari periode normal (157 slot dengan kapasitas 37.186 kursi). (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN