TFG-Presiden Joko Widodo TFG Pengamanan KTT G20 dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa di GOR Praja Raksaka, Kepaon, Denpasar, Rabu (9/11).(BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo meninjau pelaksanaan Tactical Floor Game (TFG) Pengamanan KTT G20 dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa di GOR Praja Raksaka, Kepaon, Denpasar, Rabu (9/11). Menyikapi cuaca ekstrem terjadi akhir-akhir ini, Satgas Pamwil akan mengerahkan seluruh personelnya untuk membantu Satgas Evakuasi.

Mengingat dalam event internasional KTT G20 akan dihadiri oleh para kepala negara dan delegasi dari negara besar, Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada seluruhnya yang tergabung dalam Satgas Pengamanan KTT G20 agar dapat bekerja secara detail. Selain itu mengetahui apa yang harus dikerjakan di lapangan seperti yang telah disimulasikan saat ini. Mengakhiri arahannya, Joko Widodo mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan simulasi Pengamanan Presidensi KTT G20.
Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap implementasinya di lapangan sesuai dengan simulasi yang telah direncanakan.

Baca juga:  MKMK Gelar Klarifikasi Pelapor Soal Putusan Usia Capres-Cawapres

Panglima TNI Andika Perkasa saat pimpin TFG menyampaikan dalam simulasi kali ini diskenariokan saat berlangsungnya kegiatan KTT G20 terjadi dinamika bencana alam gempa bumi. Menyikapi kondisi tersebut, masing-masing satgas, baik darat, laut maupun udara, menyampaikan dan memperagakan langkah-langkah pengamanan serta penyelamatan yang dilakukan sesuai fungsi tugasnya terhadap para peserta KTT G20.

Sedangkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto selaku Dansatgas Pamwil VVIP Presidensi KTT G20 menjelaskan Satgas Pamwil akan mengerahkan seluruh personel baik yang berada di pengamanan rute, objek maupun penginapan untuk membantu Satgas Evakuasi dalam mengarahkan dan mengamankan VVIP ke tempat-tempat evakuasi sementara maupun yang telah ditentukan.

Baca juga:  Pengunjung Pasar Badung dan Kumbasari Disemprot Disinfektan

Selanjutnya Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono selaku Dansatgas Evakuasi menjelaskan bahwa satgas yang dipimpinnya akan cepat melaksanakan evakuasi para peserta KTT G20 ke tempat aman dan yang telah ditentukan, baik melalui jalur darat, laut maupun udara. (Kertanegara/Balipost)

BAGIKAN