Bupati Gede Dana saat memberikan penghargaan saat Upacara Bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022, yang dilaksanakan di Lapangan Tanah Aron, Jumat (28/10). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Untuk mengenang jasa para pemuda dan pahlawan yang telah berjuang mewujudkan satu bangsa satu tanah air dan menjunjung bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia, Pemerintah Kabupaten Karangasem menggelar Upacara Bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022. Upacara dipimpin oleh Bupati Gede Dana selaku Inspektur Upacara.

Dengan tema “Bersatu Membangun Bangsa” upacara dilaksanakan di Lapangan Tanah Aron, Jumat (28/10/22), berlangsung secara khidmat Upacara tersebut diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten Karangasem, Seluruh Jajaran di Lingkungan Pemkab Karangasem, Organisasi Kepemudaan dan Unsur Pemuda Nusantara.

Baca juga:  Bupati Himbau Galian C di Zona Merah Tak Beraktivitas

Bupati Gede Dana, dalam sambutannya, mengungkapkan, bahwa Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita, bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan,” ucapnya.

Gede Dana menambahkan, peringatan hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia,selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema kali ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Baca juga:  Kasus Penolakan Pasien Anak Merapat ke Padangbai, Wabup Karangasem Minta Desa Adat Luruskan Persoalan

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan,” katanya.

Untuk itu, kata Gede Dana, pihaknya mengajak para pemuda untuk menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini, sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. “Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” jelas Gede Dana. (Adv/balipost)

Baca juga:  Refleksi Sumpah Pemuda, Kemajuan Teknologi dan Informasi Jangan Timbulkan Perpecahan
BAGIKAN