Gubernur Bali, Wayan Koster membuka Asian Youth Chess Championship. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster secara resmi membuka Asian Youth Chess Championship Tahun 2022 di Kuta, Badung, Bali, Jumat (14/10). Pembukaan kejuaraan catur antar remaja di Asia ini dihadiri langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI), Utut Adianto, Ketua Umum Koni Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan, hingga Percasi Provinsi Bali, dan 400 peserta dari 20 negara.

Gubernur Koster mengucapkan selamat datang kepada para peserta Asian Youth Chess Championship Tahun 2022. Pihaknya mengapresiasi dan memberi penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Ketua Umum PB Percasi yang telah memilih Bali sebagai tempat penyelenggaraan Asian Youth Chess Championship Tahun 2022.

Baca juga:  Genap Dua Minggu Laporkan Kematian COVID-19, Dua Zona Merah Ini Catatkan Kumulatif 40-an Orang

Bagi Gubernur Koster, ini merupakan suatu kehormatan sekaligus kepercayaan kepada Bali sebagai Pulau yang menjadi destinasi utama wisata dunia. “Saya berharap dengan turnamen ini bisa memotivasi anak-anak muda kita di dalam memainkan olahraga catur sekaligus menjadi pemain yang handal, termasuk juga di Bali secara khusus diharapkan mampu melahirkan para pemain catur yang tangguh dan mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional,” ujar Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini.

Baca juga:  Hipmi akan Gelar Fashion Week 2017 di Beachwalk Shopping Center

Gubernur Koster menyampaikan Asian Youth Chess Championship Tahun 2022 yang berlangsung di Bali sangat memiliki manfaat untuk melakukan pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali, pasca selama 2 tahun lebih pariwisata dan perekonomian Bali terdampak akibat pandemi COVID-19. “Terima kasih PB Percasi, turnamen ini sangat memberikan dampak positif terhadap pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali. Karena para pemain catur dari 20 negara di Asia membawa keluarganya ke Bali. Selamat bertanding,” tandas Gubernur Bali jebolan ITB.

Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto melaporkan pagelaran Asian Youth Chess Championship Tahun 2022 merupakan kejuaraan internasional terbesar pertama yang diselenggarakan PB Percasi setelah pandemi Covid-19 dan diikuti 400 peserta dari 20 negara. Yakni, Indonesia, Chinese Taipei, Taiwan, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Vietnam, Mongolia, Uzbekistan, Tajikistan, Kazakhstan, Myanmar, Filipina, Australia, Bangladesh, Selandia Baru, India, Thailand, Hong Kong, dan Maldives. “Pertandingan Catur Internasional usia muda ini dibagi dalam enam kategori dengan mempertandingkan U-8, U-12, U-14, U-16, dan U-18, serta akan berlangsung mulai dari 13 Oktober sampai 22 Oktober 2022,” pungkasnya. (kmb/balipost)

Baca juga:  Gubernur Koster Dorong Garam Tradisional Bali Dikonsumsi Lebih Masif
BAGIKAN