Sejumlah wisman berfoto di depan Pura Kehen, Bangli. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Tutup selama hampir dua tahun akibat pandemi COVID-19, daya tarik wisata (DTW) Pura Kehen dibuka kembali sejak awal Juni. Sejak dibuka, pura yang berlokasi di Kelurahan Cempaga itu telah dikunjungi ribuan wisatawan, didominasi wisatawan mancanegara (wisman).

Petugas Pemungut Retribusi di DTW Pura Kehen, Ketut Wakil, Jumat (23/9) mengungkapkan akibat pandemi covid-19, DTW Pura Kehen ditutup untuk wisatawan sejak 2020 lalu. Baru pada 1 Juni DTW Pura Kehen dibuka dan kembali menerima kunjungan wisatawan. “Pertimbangannya dibuka karena di Mei lalu mulai ada banyak wisatawan yang datang,” katanya.

Baca juga:  Tergerus Zaman, Hanya Tiga Dokar yang Masih Bertahan di Klungkung

Sejak dibuka, jumlah wisatawan yang berkunjung terbilang cukup banyak. Pada Juni, tercatat kunjungan sebanyak 806. Kemudian pada bulan Juli 1.145 wisatawan. Pada Agustus kunjungan meningkat mencapai 1.829. “Di bulan September ini sampai saat sekarang sudah sekitar 1.100 wisatawan,” kata Wakil.

Selama ini kunjungan wisatawan ke Pura Kehen selalu didominasi wisatawan asing. Kunjungan domestik sangat minim.

Seiring banyaknya wisatawan yang berkunjung, kios-kios yang ada di sekitar Pura Kehen kini sudah mulai buka kembali. Untuk semakin meningkatkan kunjungan wisatawan, Wakil mengatakan upaya yang rencana akan dilakukan sebatas penataan taman.

Baca juga:  Kematian COVID-19 di Bali Meningkat, MDA dan PHDI Keluarkan SE Pembatasan Upacara Panca Yadnya

Taman yang ada di depan pura rencana akan ditata dan ditambahi bunga. Sedangkan mengenai upaya promosi, pihaknya belum bisa menyampaikan. Pihaknya berharap kunjungannhan wisatawan ke DTW Kehen bisa terus meningkat. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN