Sandiaga Uno. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  ke Indonesia selama Juli 2022 mencapai 476.970 ribu orang. Ini merupakan rekor tertinggi sejak pandemi COVID-19. Demikian dikemukakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Selasa (6/9).

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Sandiaga mengungkapkan kunjungan turis asing ini didominasi oleh lima negara dengan persentase peningkatan hampir 40 persen. Yaitu Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Amerika Serikat. “Secara kumulatif dari Januari hingga Juli, jumlah kunjungan wisman mencapai 1,2 juta kunjungan. Total peningkatannya hampir 15 kali lipat,” ujarnya.

Baca juga:  Pantau Gunung Agung, PVMBG Tambah Tujuh Seismograf dan Satu GVS

Peningkatan ini, kata Menparekraf, dipicu oleh kebijakan visa on arrival bagi wisman, khususnya ke Bali. Ia menyebutkan kunjungan wisman ke Bali mencapai 246.504 orang per Juli 2022.

“Ini merupakan angka tertinggi setelah pandemi dengan angka kunjungan per hari mencapai sembilan ribu kunjungan. Di mana wisman-wisman ini masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa,” ujarnya.

Mengenai kebijakan visa on arrival, Sandiaga menuturkan saat ini sudah ada 75 negara yang masuk ke dalam daftar penerima visa on arrival. Tambahan tiga negara baru yaitu Maladewa, Monaco, dan Kolombia.

Baca juga:  Ketua Dekranasda Bali: Pariwisata, Pertanian dan Industri Kerajinan Harus Saling Menopang

“Ada tambahan sembilan negara subjek bebas visa kunjungan khusus wisata ke Indonesia yaitu Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam,” jelasnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN