I Wayan Artika. (BP/Istimewa)

Oleh Dr. I Wayan Artika, S.Pd., M.Hum. 

Rupanya masih banyak guru Bergeming dengan merdeka belajar. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Untuk kesekian kali, perubahan pendidikan terhadang mental status quo para guru. Sekolah berjalan seperti sedia kala. Guru mengajar sebagaimana empat dekade silam: berceramah dan suka memberi PR.

Guru masih cuap-cuap dan siswa menyimak dengan takzim. Masih ada guru-guru yang gila administrasi mengajar, seperti aneka rupa perangkat pembelajaran. Iklannya mudah ditemukan di facebook. Segala kemudahan administrasi untuk merancang yang paling sederhana pun, rupanya guru tak sanggup.

Kalau guru saja pilih status quo bagaimana siswa? Jangan tanya pembelajaran berbasis proyek atau pemecahan masalah di kelas.

Juga jangan tanya guru fokus pada pendalaman pemahaman siswa. Ironisnya, justru di era merdeka belajar guru menyelenggarakan pembelajaran berbasis ceramah, berbasis ketuntasan materi dan abai apakah siswanya mengerti dan tercerahkan karena berhasil memasuki suatu dunia konsep yang abstrak.

Di samping ceramah dan belajar yang masih berpusat pada guru; guru adalah episentrum proses belajar mengajar; maka yang menjadi bentuk status quo belajar saat ini adalah pembelajaran berbasis PR (pekerjaan rumah). Guru ringan ucapan ketika memberi siswa PR.

Baca juga:  Rasa Estetik

Setiap satu pokok bahasan selesai, PR adalah wajib. Esai ini mencoba memahami penyakit guru yang sangat suka memberi PR. Ya, sebatas memberi.

Siswa dan orang tua (untuk siswa SD kelas rendah) kalang kabut. Pada pertemuan berikutnya, guru lupa membahas PR yang banyak itu karena harus masuk ke materi yang baru. Demikian selanjutnya, PR baru disiapkan. PR lama mengendap.

Di rumah siswa tidak sempat belajar lagi, misalnya dengan membaca atau menyimak video. Mengerjakan PR untuk mencapai target selesai, menyita seluruh waktu siswa. Belajar adalah dialog dan mengerjakan
PR adalah mekanisasi dan pemaksaan.

Dalam belajar mandiri siswa di rumah terjadi petualangan konsep untuk mencapai pengetahuan. Tapi PR adalah kerja para tukang. Lama-lama, PR
menggusur semua waktu belajar siswa. Maka
belajar adalah bikin PR. Bahkan ada jasa les privat khusus untuk membantu siswa mengerjakan PR-nya.

Baca juga:  Sebagai Warga Nusa Penida, Ini Kata Bupati Suwirta Soal Ucapan AWK

Bagi guru, memberi PR adalah kompensasi atas segala keterbatasannya dalam mengajar. Lewat PR guru hendak melimpahkan tanggung jawab
kepada siswa.

Jika siswa tidak bisa mengerjakan PR maka guru menilai siswa bodoh atau malas. Tugas guru
seharusnya membantu siswa dari tidak tahu
menjadi tahu. Di sinilah mahaberat dan maha￾mulia pendidikan yang humanis.

Karena berat dan guru tidak mengejar kemuliaan, hal itu tidak dilakukan. Lewat PR guru tengah mengejar
ketuntasan materi. Perubahan kecil yang nyata
dan memberi arti baru dalam belajar di sekolah
nyaris tidak ada. Guru tidak mau merancang
belajar dengan suatu proyek bagi siswanya.

Hal ini bisa dilakukan pada tingkatan manapun dan
dimanapun. Merdeka belajar tidak membutuhkan fasilitas mewah, lingkungan khusus, atau siswa yang terpilih baik.

Di SD kelas 4 misalnya guru bisa mengembangkan proyek literasi sederhana. Pada awal semester, siswa memilih atau dibantu memilih satu buku sebagai bahan proyeknya. Buku ini dibaca secara bertahap.

Guru merancang beberapa kegiatan membaca, seperti membaca dan mengutip, membaca dan menyusun daftar kata, membaca untuk membuat bagan atau denah, dan bisa juga meringkas sebagai kegiatan membaca yang paling lazim dilakukan.

Baca juga:  Merdeka Belajar, Meretas Belenggu

Bagus jika buku yang dijadikan bahan proyek literasi itu berhubungan dengan materi-materi pelajaran karena akan memperkaya pengetahuan siswa. Jika tidak tetap bagus dan bermanfaat juga karena akan menempa satu sisi perkembangan softskill siswa, yakni aspek literasinya akan bertumbuh lewat proyek ini.

Guru dapat mencoba menerapkan merdeka belajar di ruang kelasnya dengan model proyek yang nyata namun realistis karena mudah dilakukan. Dalam pembelajaran berbasis proyek siswa belajar secara nyata namun tetap ada kaitannya dengan pelajaran yang teori.

Namun demikian, guru kiranya penghambat besarnya karena tidak mau repot. Guru pun bergeming dan proyek atau belajar berbasis pemecahan masalah dalam kerangka besar merdeka belajar adalah: tetap ceramah dan memberi PR yang berjibun. Makin banyak PR makin asik!

Penulis Dosen Undiksha, Pegiat Gerakan Literasi Akar Rumput pada Komunitas Desa Belajar Bali

BAGIKAN