Pembersihan pohon ancak yang menimpa pelinggih dan penyengker Pura Pucak Tegeh Tengah. (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Kamis (30/6) Pukul 13.10 WITA terjadi pohon tumbang di Banjar Manukaya Anyar, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar. Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gianyar, Drs. Ida Bagus Putu Suamba didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Presasta mengatakan, pohon ancak ini menimpa pelinggih dan penyengker Pura Pucak Tegeh Tengah.

Pohon yang tumbang ini memiliki panjang sekitar 10 meter dan diameter 90 centimeter. “Beruntung tidak terjadi korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang tersebut,” ucapnya.

Baca juga:  Hujan Lebat, Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Bhuana Giri

Suamba menjelaskan, pohon ancak yang tumbang ini menimpa Pelinggih Balai Agung, Pelinggih Panggungan, Pelinggih Sedan dan Penyengker di Pura Pucak Tegeh Tengah. Pohon ini tumbang diakibatkan karena dalam kondisi lapuk. “Akibat kejadian tersebut pengempon pura ditafsir mengalami kerugian sekitar 40 juta,” ucapnya.

Menerima laporan, BPBD Kabupaten Gianyar menurunkan anggota TRC BPBD beserta armada dan perlengkapan ke lokasi kejadian. Hadir dalam kegiatan pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang prajuru setempat, Relawan RAPI, dan masyarakat setempat. “Sekitar Pukul 17.10 WITA, pohon ancak yang tumbang sudah dapat ditangani dan dibersihkan,” tegas IB. Putu Suamba. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Punya Banyak "Beji," Desa Ini akan Gelar Festival Holly Water
BAGIKAN