Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Survei Poltraking Indonesia menunjukkan ada lima nama yang memiliki elektabilitas tinggi menjadi calon wakil presiden (cawapres) dalam pemilihan presiden 2024. Sandiaga Uno yang masih menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tertinggi elektabilitasnya untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres).

“Elektabilitas Sandiaga sebesar 18,2 persen bila dilihat dari simulasi lima nama cawapres,” kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda, Kamis (9/6) dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Menkes Persingkat Alur Vaksinasi Covid-19

Posisi kedua ada nama Menteri BUMN Erick Thohir sebesar 16 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 14,1 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 11,4 persen dan Ketua DPR Puan Maharani 7,2 persen.

Sementara yang tidak mau menjawab dan tidak tahu/tidak menjawab 32,8 persen. Begitu pun bila simulasi dilakukan 15 nama calon, Sandiaga tetap tertinggi 13,2 persen dan simulasi 10 nama calon, elektabilitas Sandiaga juga mencapai 15,5 persen.

Baca juga:  Tanpa Kantongi Izin, Banyak Bukit Dikeruk untuk Tambal Lahan Kawasan PKB

Menurut Hanta, hasil survei ini merupakan peta elektoral terbaru pada saat pengambilan survei mengingat pelaksanaan Pilpres masih cukup lama hingga 2024. “Sehingga, sangat mungkin terjadi berbagai dinamika, peristiwa dan momentum politik yang berpotensi mengubah peta politik elektoral ke depan,” ujarnya.

Survei dilakukan pada 16 Mei hingga 22 Mei 2022 dengan jumlah sampel 1.220 responden dengan ‘margin of error’ sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode survei yang digunakan dengan metode multistage random sampling dengan wawancara tatap muka secara langsung dengan responden terpilih. (kmb/balipost)

Baca juga:  Wapres Tegaskan Pemerintah Siap Tangani Pengungsi Gunung Agung
BAGIKAN