Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana bersama jajaran memeriksa kondisi lokasi pos pemeriksaan di Pengeragoan. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Antisipasi padatnya arus kendaraan dan orang saat mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Polres Jembrana menyiapkan sejumlah titik untuk memecah kepadatan kendaraan dan pemeriksaan syarat perjalanan. Empat titik itu berada di pinggir jalan Denpasar-Gilimanuk mulai Pekutatan hingga Melaya.

Di titik dengan areal parkir luas itu akan disediakan gerai vaksin dan rapid test antigen. Ini diperuntukkan bagi pemudik yang belum vaksin booster.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana di sela-sela meninjau simulasi pemeriksaan di Pengeragoan, Pekutatan, Senin (11/4) sore mengatakan titik kantong parkir dan pemeriksaan di sepanjang jalan Denpasar-Gilimanuk ini untuk memecah pemeriksaan agar tidak menumpuk di Gilimanuk. Simulasi dilakukan guna memastikan alur pemeriksaan sudah bisa diterapkan dan bilamana ada kendala dicarikan solusi. Sehingga saat pelaksanaan arus mudik nanti bisa dilakukan dengan baik.

Baca juga:  Tambahan Kasus COVID-19 Hari Ini, Lebih dari 60 Persennya Ada di 3 Daerah

“Khusus di Pengeragoan ini, untuk pemeriksaan kendaraan umum seperti bus dan travel. Sehingga nanti di Gilimanuk tidak lagi ada pemeriksaan. Di Gilimanuk fokus kendaraan kecil dan sepeda motor di Terminal Kargo,” kata Kapolres.

Sedangkan untuk penumpang bus dan kendaraan umum lainnya kalau sudah diperiksa dan lengkap akan mendapatkan barcode. Di titik-titik pos pemeriksaan ini juga akan disediakan layanan gerai vaksin Covid-19 dan klinik Rapid test Antigen. Sehingga ketika ada penumpang yang belum memenuhi syarat, bisa melakukan vaksin ataupun rapid test di lokasi tersebut.

Baca juga:  Kembali Turun ke Jalan, ForBALI Minta Kepastian Sikap Gubernur

“Titik titik ini untuk mengurangi beban pemeriksaan di Gilimanuk. Nanti apabila ada penumpang yang belum vaksin booster atau II juga disediakan swab antigen dan vaksin. Setelah penumpang sudah vaksin II, langsung bisa swab antigen. Ini untuk mempermudah pemeriksaan,” tambah Kapolres.

Polres nantinya juga akan berkoordinasi ke Terminal awal, seperti Mengwi, Badung. Sehingga, syarat-syarat itu sudah terpenuhi sebelum naik kendaraan umum. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Sepekan Terakhir, Jumlah Kasus Aktif Covid-19 Terus Turun
BAGIKAN