Aparat melakukan pengecekan liang kubur yang dibongkar di Desa Adat Gerokgak. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Aksi pembongkaran liang kubur kembali terjadi di Buleleng. Kasus terbaru, sejumlah liang kubur di Setra milik Desa Adat Gerokgak, Kecamatan Gerokgak ditemukan dalam kondisi terbongkar.

Kepala Seksi (Kasi) Humas AKP Gede Sumarjaya seizin Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto membenarkan peristiwa tersebut. Kasi Humas AKP Sumarjaya menyebutkan, pertama kali liang kubur yang telah terbongkar itu ditemukan oleh saksi Gede Sukadana (51) pada Kamis (7/4).

Baca juga:  KUHP dan Dampaknya Bagi Bali: Perzinahan, Miras, dan Hukum Adat

Saat itu, Sukadana hendak menggali kubur dan menemukan salah satu kuburan dalam kondisi terbongkar. Sukadana lantas memberitahukan hal itu kepada Kelian Desa Adat Gerokgak, Kadek Sumantra (50).

Saksi dan Kelian Adat lantas mengecek kembali kuburan yang lain. Saat itu kembali ditemukan ada liang kubur yang juga tebrongkar. Tercatat ada sebanyak 9 liang kubur.

Diperkirakan pembongkaran dilakukan sekitar 2 sampai 3 hari sebelumnya. “Jadi pembongkaran liang kubur ini dilaporkan oleh warga bersama kelian adat di desa adat setempat dan keterangan awal ada beberapa lokasi liang kubur, di mana liang kubur itu ditemukan telah terbongkar antara 2 sampai 3 hari yang lalu,” katanya.

Baca juga:  Kembali Bobol Konter, Residivis Ditembak Polisi

Menurut AKP Sumarjaya, Unit Reskrim Polsek Gerokgak masih mengumpulkan keterangan saksi-saksi dan barang bukti. “Masih diselidiki dan keterangan awal belum ada yang mengarah pada siapa pihak yang membongkar dan motivnya juga belum terungkap, kita masih tunggu perkembangan lebih lanjut,” katanya. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN