PT PLN (Persero) menjamin kemanan dan keandalan pasokan listrik pada penyelenggaraan Sidang ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua Bali yang berlangsung 20 hingga 24 Maret 2022. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – PT PLN (Persero) menjamin kemanan dan keandalan pasokan listrik pada penyelenggaraan sidang ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di Nusa Dua Bali yang berlangsung 20 hingga 24 Maret 2022. Komitmen tanpa padam pada pergelaran internasional ini ditunjukkan melalui keandalan pasokan di sisi operasi sistem, pembangkit, transmisi, distribusi hingga pengamanan selama acara berlangsung.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana menjelaskan PLN melakukan pengamanan listrik dengan memastikan ketersediaan pasokan listrik dalam jumlah yang aman dengan cadangan daya hingga 42% atau sebesar 556,10 MW.

Baca juga:  PLN Sambut HUT RI dan Asian Games dengan "Gebyar Kemerdekaan"

“Pasokan listrik sub sistem Bali dalam keadaan aman, dengan daya mampu sebesar 1.322,10 MW dan beban puncak tertinggi pada malam hari sebesar 766 MW,” terangnya Minggu (20/3).

Udayana menambahkan bahwa di lokasi juga terdapat “back-up supply” yakni Uninterrutible Power Supply (UPS) sebanyak 5 unit dengan kapasitas total sebesar 950 kVA dan 2 unit genset total kapasitas 350 kVA serta 1 unit kabel bergerak dan 26 unit gardu bergerak. Selain itu ia mengatakan, pengamanan khususnya di sisi transmisi dan distribusi dilakukan berlapis di beberapa lokasi penting antara lain dengan memasok listrik melalui Gardu Induk Nusa Dua yang disalurkan melalui ke penyulang utama.

Baca juga:  Tingkatkan Pelayanan, PLN Prioritaskan Kenyamanan Pelanggan

“Kami menjamin keandalan selama pelaksanaan acara berlangsung, dan apabila terjadi gangguan pada pemasok utama, listrik akan disalurkan pada melalui pemasok cadangan,” ungkapnya.

Beberapa lokasi prioritas pengamanan kelistrikan untuk kegiatan IPU ke-144 diantaranya adalah BICC – Westin, The Apurva Kempinski, Nusa Dua Beach, Sheraton Laguna, St. Regis, Coutyard Marriot, Sofitel, Kayu Manis, dan Melia Bali. “Welain keamanan dari segi pasokan, PLN juga menyiagakan personil antara lain dari Pelayanan Teknik, Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan personil PLN,” kata Udayana.

Baca juga:  Mendesak, Pembangunan Bandara Alternatif di Bali

Seluruh personil sebelumnya telah melakukan apel siaga keandalan kelistrikan di Kantor PLN UP3 Bali Selatan dengan Manager PLN UP3 Bali Selatan, Bobby Cristya Surya bertindak selaku pembina apel.

Udayana juga memastikan selama kegiatan berlangsung tidak akan dilaksanakan pemeliharaan jaringan listrik. Namun jika dibutuhkan, pekerjaan akan dilakukan tanpa padam.

“PLN selalu siap dalam mendukung kegiatan bertaraf internasional seperti IPU ke-144 ini dengan memberikan pelayanan kelistrikan yang andal tanpa padam demi kesuksesan acara,” pungkasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN