Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di depan Istana Merdeka pasca melepas 20 pembalap MotoGP, Rabu (16/3/2022). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Konvoi pembalap MotoGP mendapat sambutan meriah masyarakat. Dikutip dari Kantor Berita Antara, sejak Rabu (16/3) pagi, masyarakat telah menunggu di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Konvoi pembalap MotoGP tersebut melaju di Bundaran HI dengan kecepatan rendah sebelum konvoi berakhir di Hotel Kempinski. Parade pembalap MotoGP tersebut juga diikuti oleh ratusan anggota komunitas motor.

Pada sekitar pukul 10.15 WIB, pihak kepolisian telah membuka jalur Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Barat, dan Jalan MH Thamrin yang sebelumnya disterilkan untuk rute parade.

Usai melepas parada pembalap MotoGP, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan dirinya akan menonton langsung perhelatan MotoGP di sirkuit Mandalika. Dijadwalkan MotoGP digelar pada 18 hingga 20 Maret nanti.

Baca juga:  5 Hari Alami Penurunan Kasus Baru, Bali Catatkan Lagi Tambahan Belasan Kasus Positif COVID-19

“Saya akan lihat, saya mungkin akan satu hari,” kata Jokowi di depan Istana Merdeka.

Awak media pun bertanya di hari apa Jokowi akan datang menonton perhelatan tersebut. Jokowi hanya menaikkan bahu seraya memberikan isyarat tidak mau memberi tahu.

Jokowi pun sempat bercerita sedikit terkait apa saja yang dibicarakan para pembalap bersama dirinya di dalam Istana Merdeka. Dalam perbincangan tersebut, Presiden Jokowi mengaku sempat berniat ingin ikut rombongan para pembalap menuju Hotel Kempinski.

Baca juga:  Ada Dua Kali "Aftershock" Setelah Gempa Blitar, Sejumlah Kerusakan Dilaporkan

Namun karena satu dan lain hal, dirinya tidak diperbolehkan ikut rombongan. “Saya tidak diperbolehkan naik motor karena dari sisi keamanan,” jelas dia.

Para pembalap MotoGP berangkat dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat menyusuri Jalan Medan Merdeka Utara, berlanjut ke Jalan Medan Merdeka Barat lewat di depan gedung RRI mengarah ke Hotel Kempinski, di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Rabu. Sebanyak 20 pembalap itu menggunakan sepeda motor dari berbagai macam pabrikan seperti Honda, KTM, Ducati, Aprilia, Yamaha, Suzuki, dan beberapa lainnya.

Keberangkatan para pembalap Moto GP itu juga diiringi pengawalan ketat petugas kepolisian dan personel TNI. Tidak ketinggalan ratusan pengendara sepeda motor dari berbagai komunitas juga ikut dalam iring-iringan tersebut.

Baca juga:  Alokasi Anggaran Pertemuan IMF-Bank Dunia Sebagain Besar Untuk Pengembangan Infrastrukur Bali

Sambil mengendarai motor sport, tampak para pembalap juga menyapa penggemar dan awak media yang ada di sepanjang jalan.

Sebelumnya, Wakil Direktur Utama MGPA (Mandalika Grand Prix Association), Cahyadi Wanda, mengatakan rombongan pembalap MotoGP tersebut akan terlebih dulu bertemu dengan Presiden Joko Widodo sebelum menggelar parade. Cahyadi juga mengatakan parade tersebut akan dihadiri oleh pembalap MotoGP seperti Marc Marquez, Joan Mir, Bagnaia, dan Jack Miller serta para pembalap Moto2 dan Moto3. (kmb/balipost)

 

BAGIKAN