Pengendara sepeda motor, terpaksa menuntun kendaraanya saat melintasi genangan air setinggi lutut orang dewasa di Jalan Kunti 2, Minggu (6/3). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Denpasar dan Badung, Minggu (6/3) dini hari, ternyata berdampak terjadinya genangan air di sejumlah lokasi di Badung. Seperti di Jalan Kunti 2 Seminyak, tinggi genangan air mencapai lutut orang dewasa.

Begitu juga di kawasan Gang Baik-baik Seminyak, genangan air juga cukup tinggi. Termasuk, di kawasan Jalan Dewi Sri, Legian.

Terkait genangan air yang cukup tinggi di Jalan Kunti 2, tepatnya di depan Kantor Lurah Seminyak, Lurah Seminyak I Putu Gede Adhi Karmita Putra mengatakan, sejak pagi volume air dari kawasan hulu, memang cukup besar. “Volume air dari hulu, memang cukup tinggi. Kami terpaksa menunggu air surut saja, karena tidak ada solusi lain,” katanya saat dikonfirmasi.

Baca juga:  Terkonfirmasi COVID-19, Politisi PDIP Sutena Meninggal

Lokasi genangan air ini, kata dia, memang merupakan daerah rendah. Sungai di sana ketinggiannya hampir rata dengan jalan. Sehingga saat terjadi curah hujan yang tinggi dengan volume air yang besar dari kawasan hulu, genangan pasti terjadi.

Dikonfirmasi terpisah, I Nyoman Gede Wiryajaya selaku Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, mengatakan, saat ini memang masih masuk dalam musim hujan. Puncak terjadi pada Februari.

Baca juga:  BNNP : Sejumlah Rumah di Tanimbar Rusak Diguncang Gempa Maluku

Namun kata dia, pada Maret ini intensitas hujan sudah mulai menurun. Meski demikian, untuk di wilayah Bali bagian Selatan, potensi hujan masih ada, dan beberapa hari ke depan akan mulai menurun.

Untuk penyebab hujan pada Minggu dini hari kata dia, selain karena masih masuk musim hujan, juga karena adanya La Nina lemah serta kondisi suhu muka air laut juga masih cukup tinggi. “Yang jelas sekarang masih masuk musim hujan dan adanya La Nina lemah, juga suhu muka air laut yang masih tinggi,” bebernya.

Baca juga:  Dua Hari Pembatasan Penyeberangan Gilimanuk-Ketapang, Lalu Lalang Pelaku Perjalanan Menurun

Lebih lanjut dikatakan Wiryajaya, dalam beberapa hari ini ke depan, intensitas hujan akan mulai menurun. Seperti data yang dirilis BMKG, prakiraan cuaca harian wilayah Bali pada  6-8 Maret 2022, cuaca berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian besar wilayah Bali pada siang-sore hari.

Suhu udara berkisar antara 21-33 °C dengan kelembaban udara berkisar antara 60-90 %. Angin umumnya bertiup dari arah barat dan barat laut dengan kecepatan berkisar antara 6-38 Km/Jam. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN