Ilustrasi. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Memilih mobil terbaik, merupakan salah satu hal yang sangat penting, untuk kenyamanan berkendara sehari-hari. Tidak hanya itu, Anda juga harus memilih asuransi mobilnya, khususnya saat memasuki 2022.

Memilih asuransi mobil di tahun 2022 memang sangat penting, hal ini dilakukan agar menghindari risiko yang ada di jalan, yang bisa terjadi kapanpun, dan di manapun Anda berada. Sebenarnya, jika memilih asuransi mobil, khususnya di 2022, akan ada banyak sekali pilihan asuransi yang tersedia.

Setidaknya, Traveloka akan merangkum beberapa asuransi mobil terbaik di tahun 2022 ini.

Apa itu asuransi mobil? Dan mengapa asuransi mobil sangat penting?

Sama seperti jenis asuransi pada umumnya, asuransi mobil nantinya akan berfungsi untuk memberikan perlindungan pada mobil yang sudah Anda beli dari beberapa kerusakan; seperti kecelakaan, benturan, dan lain sebagainya. Sehingga asuransi mobil ini nantinya akan membantu Anda, dalam meminimalisir biaya perbaikan, yang sebenarnya jika dihitung-hitung, tidaklah sedikit.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali perusahaan asuransi, yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perusahaan-perusahaan asuransi ini memiliki beberapa bengkel rekanan, yang berfungsi untuk mengatasi kerusakan pada mobil Anda.

Sehingga, dengan mengambil asuransi mobil, Anda akan mengurangi risiko finansial. Anda bisa dengan mudah mengelola keuangan dengan lebih tenang.

Baca juga:  Jelajahi Keindahan Indonesia, Mandiri-Traveloka Tawarkan Diskon ke 10 Bali Baru

Jika sewaktu-waktu mengalami kerugian finansial, kondisi keuangan Anda tidak akan ikut terpengaruh. Karena adanya asuransi yang akan menanggung kerusakan pada mobil Anda.

Jenis asuransi mobil

Umumnya ada dua jenis asuransi mobil. Yaitu Total Loss Only (TLO) dan All-Risk/Comprehensive.

Asuransi mobil TLO, biasanya sangat berperan penting ketika orang kehilangan mobilnya. Jika Anda kehilangan unit mobil Anda secara utuh, Anda bisa mengklaim asuransi ini. Biasanya, dalam asuransi mobil, yang dimaksud dari kehilangan total itu seperti kerusakan yang umumnya terjadi di atas 75%, dan contoh dari definisi yang sudah dijelaskan bisa saja seperti: kehilangan mobil karena dicuri, serta kehilangan mobil karena dirampas.

Lalu bagaimana jika kerusakan yang dialami kurang dari 75%? Jawabannya adalah, Anda tidak bisa mendapatkan ganti rugi atas kerusakan tersebut. 75% didefinisikan juga karena beberapa pertimbangan, seperti mobil yang sudah dipastikan tidak dapat lagi digunakan.

Kemudian ada juga All-Risk/Comprehensive. Seperti namanya, asuransi ini disebut-sebut sebagai asuransi yang menangani kerusakan yang sifatnya keseluruhan. Hal ini bisa saja diartikan sebagai, jika mobil Anda mengalami kerusakan, maka pihak penyedia asuransi akan mengganti segala biaya yang sudah ditentukan.

Baca juga:  Jelang Pengumuman Bacawapres, Megawati Soekarnoputri Tiba di Kantor DPP PDIP

Kerusakan-kerusakan yang dialami pun bisa dijangkau oleh pihak asuransi, termasuk kerusakan ringan, berat, hingga kehilangan unit mobil sekalipun. Sehingga jika didefinisikan, bisa saja asuransi mobil All-Risk, pembiayaannya bisa lebih mahal ketimbang TLO.

Rekomendasi Asuransi Terbaik 2022

– Sinarmas

Di tahun 2022, asuransi dari Sinarmas merupakan salah satu pilihan terbaik hingga saat ini. Asuransi yang disediakan Sinarmas bisa meliputi all-risk dan juga TLO. Tidak hanya itu, Sinarmas memberikan harga preminya mulai dari Rp 781.660 per tahun, dan diikuti dengan bengkel rekanan sebanyak 584 bengkel.

Sedangkan untuk asuransi dari usia mobil maksimalnya bisa sampai 12 tahun lamanya. Dan cara klaim asuransinya cukup mudah, dengan melalui aplikasi, dan hanya memakan waktu satu hari saja.

Tidak hanya itu, dengan memakai asuransi dari Sinarmas, Anda akan mendapatkan salah satu keuntungan spesialnya, yakni gratis ongkos taksi, selama mobil Anda berada dalam perawatan bengkel rekanan Sinarmas.

– AXA Mandiri

Kemudian, di posisi selanjutnya ada AXA Mandiri. Sama seperti asuransi Sinarmas, Axa Mandiri juga menawarkan asuransi kendaraan all-risk dan juga TLO. Asuransi ini memiliki bengkel rekanan sebanyak 350 bengkel, yang tersebar luas di seluruh Indonesia.

Baca juga:  Sebagian Besar Suplai Narkoba dari Luar Negeri, BNN Sebut Dua Negara Ini

Kemudian salah satu unggulan saat Anda terdaftar sebagai penerima asuransi kendaraan dari Axa Mandiri adalah bisa mengklaim asuransi tanpa dilakukan adanya survey dari pihak asuransi. Dan hal-hal yang dilindungi Axa Mandiri meliputi; penggantian, perbaikan, tanggung jawab hukum sampai Rp 25 juta, serta penggantian kunci kendaraan yang juga sampai Rp 25 juta.

Kemudian ada juga penggantian mobil baru, untuk usia mobil yang maksimal hanya menyentuh umur 6 bulan saja. Terakhir, ketika Anda mengalami kecelakaan, ada gratis biaya ambulans.

– Allianz

Terakhir, ada Allianz yang sama-sama menawarkan asuransi kendaraan berbentuk all-risk dan juga TLO. Dengan memiliki asuransi mobil dari Allianz, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti ganti rugi kerusakan mobil dan juga pencurian yang dilakukan oleh supir.

Tidak hanya itu, Allianz juga akan melindungi Anda dari tanggung jawab hukum pihak ketiga, santunan meninggal dunia, serta biaya taksi selama perbaikan mobil jika asuransi dari Allianz ini sudah Anda klaim.

Itulah beberapa hal serta penjelasan yang perlu diketahui tentang asuransi mobil 2022. Jangan lupa untuk membeli asuransi mobil 2022 melalui Traveloka Lifestyle SuperApp, karena Traveloka merupakan jawaban dari berbagai permasalahan yang Anda temukan di kehidupan. (Adv/balipost)

BAGIKAN