Sejumlah pengendara melintas di Jl. Thamrin, Denpasar pada Senin (17/1). Serangkaian Palebon Ida Cokorda Pemecutan XI, jalur di Puri Pemecutan akan dialihkan. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Serangkaian upacara palebon Ida Cokorda Pemecutan XI, Dinas Perhubungan (Dishub) Denpasar melakukan rekayasa lalu lintas. Terutama di  depan Puri Pemecutan, Jalan MH Thamrin.

Dishub akan mulai melakukan rekayasa lalin mulai Selasa (18/1) malam. Mengingat, kelengkapan upacara palebon sudah mulai berada di depan puri.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar Ketut Sriawan yang dikonfirmasi, Senin (17/1) mengatakan terkait pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI, mulai Selasa (18/1) akan ada pengalihan arus lalu lintas (lalin). Dikatakan, setelah rapat koordinasi bersama  Satlantas Polresta, Polsek Denbar, Pasikian Pecalang Kota Denpasar, terkait rangkaian upacara pelebon di Puri Pemecutan, disepakati ada beberapa rute yang akan dialihkan.

Baca juga:  Sastra Dresta: Atasi Wabah Upacara Keagamaan Ditiadakan

Sriawan mengatakan, pemindahan bade tumpang solas (11), akan bergerak dari Setra Badung menuju Puri Pemecutan dilakukan Selasa malam. Sedangkan, terkait pengalihan arus, lanjut Sriawan, akan dilakukan pembelokan beberapa arus  utama, seperti dari selatan menuju utara dan timur menuju barat.

“Melihat situasi, apalagi penempatan bade di depan Puri akan berdampak pada arus lalu lintas, jadi beberapa rute akan dialihkan, seperti dari arah Jalan Imam Bonjol menuju Jalan Thamrin akan dialihkan melalui Jalan Gunung Batur, Jalan Gunung Merapi, sedangkan dari Jalan Hasanudin akan dibelokan ke arah Gunung Kawi,” ungkapnya.

Baca juga:  Jajal Bypass Mandalika, "Outfit" Lokal Presiden Joko Widodo Jadi Sorotan

Sriawan menambahkan, pengalihan ini sifatnya menyesuaikan dengan situasi di lapangan. “Apabila memungkinkan, saat penempatan bade di Jl Thamrin, bisa menggunakan satu lajur, kita akan buka, namun kembali kalau tidak memungkinkan kita alihkan ke jalan lain,” ucapnya.

Khusus untuk puncak acara pada Jumat (21/1), dipastikan akan ada penutupan jalan. “Jadi lalin dari arah selatan Jl. Imam Bonjol, pengalihan arus dilakukan di persimpangan Teuku Umar Barat, di Banjar Buagan, sudah ada penutupan jalan, itu saat puncak acara, begitu pula dari arah Timur Jl Hasanudin, akan ada pengalihan arus dari Jl.Gajah Mada dibelokan ke Jl. Gunung Kawi,” tandasnya.

Baca juga:  Sempat Megap-megap dan Roboh, Mr.X Meninggal di Hotel Kawasan Ubung

Ia mengimbau, mulai Selasa warga masyarakat kota yang melakukan pergerakan menuju pusat kota agar menghindari rute Puri Pemecutan. Dalam peralihan arus lalin, Sriawan menyebutkan akan menerjunkan 60 personil yang berkolaborasi dengan Satlantas Polresta Denpasar dan Pasikian Pecalang . (kmb12)

BAGIKAN