Ida Pedanda Sakti Telaga Mas. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ida Pedanda Anom Mas dari Griya Mas yang berlokasi di Jalan Danau Tempe I, Gang Telaga Sari No. 7, Sanur, mengganti nama. Saat ini, namanya menjadi Ida Pedanda Sakti Telaga Mas.

Sebelum mediksa, Ida Pedanda bernama Ida Bagus Anom Darpa. Sedangkan istrinya bernama Ida Ayu Rasmik. Setelah menggelar upakara Padiksan pada 22 Juni 2015, ia diberi nama Ida Pedanda Anom Mas, dan istrinya Ida Pedanda Istri Rai.

Ditemui di Griyanya, Ida Pedanda Sakti Telaga Mas, menjelaskan bahwa perubahan nama yang dilakukan ini merupakan penganugerahan dari Hyang Sinuhun Ida Pedanda Sakti Telaga Tawang pada 29 Oktober 2017 (dua tahun setelah menjalankan kewajiban sebagai Sulinggih). Ketika itu, ia tangkil ke Pura Telaga Tawang Sidemen, Karangasem.

Baca juga:  Dari Pelajar Terobos Lampu Merah hingga Tahan Kenaikan Harga Pertalite

Penganugerahan yang diterima lewat Pemangku di pura tersebut, dan secara langsung pula Ida Hyang Sinuhun Pedanda Sakti Telaga Tawang mewahyukan kepada Ida Pedanda Anom Mas bahwa Ida Pedanda Anom Mas harus berubah nama menjadi Ida Pedanda Sakti Telaga Mas. Sekaligus secara niskala ia diangkat menjadi nanak oleh Hyang Sinuhun Pedanda Sakti Telaga Tawang.

Kendati demikian, selama 3 tahun nama baru yang diberikan secara niskala tersebut belum digunakan karena dirasa berat untuk menyandang nama tersebut. Namun, tugas-tugas yang diberikan oleh Nabe niskala telah dijalankan untuk membantu orang-orang menderita sakit melalui tirta panglukatan wangsuhpada Ida Pedanda Sakti Telaga Tawang

Baca juga:  Gubernur Koster Hadiri Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Pada 8 Januari 2020, ia kembali menerima wahyu dalam bentuk penganugerahan dari Nabe niskala agar tangkil dan mapuja di pelinggih Hyang Sinuhun Pedanda Sakti Telaga Tawang yang bertempat di Pura Telaga Tawang Sidemen. Dan saat itu, Nabe niskala menyatukan diri dengan dirinya sebagai nanaknya, Ida Pedanda Sakti Telaga Mas. “Setelah semuanya berjalan dengan baik, beliau (Hyang Sinuhun Pedanda Sakti Telaga Tawang,red) bersabda sebelum Purnama Kadasa tepatnya Anggara Wage Dungulan Pinanggal 18 Februari 2020 nama baru harus sudah dipakai, yaitu Ida Pedanda Sakti Telaga Mas,” ungkap Ida Pedanda, Jumat (14/1).

Baca juga:  Alami Peningkatan, Penjualan Produk Elektronik Secara Kredit

Lebih lanjut dikatakan, bahwa nama Ida Pedanda Sakti Telaga Mas saat ini telah mendapat restu dari Ida Nabe Sekala, dengan melalui upacara nunas lugra (restu) ring Ida Bathara Lepas Ida Nabe Pedanda Gede Putra Ngenjung (Alm.) di Merajan Griya Kanginan Ngenjung yang disaksikan oleh Ida Pedanda Istri Nabe, yaitu Ida Pedanda Istri Oka dan Ida Pedanda Istri Mayun pada 6 Oktober 2021.

Selain itu, perubahan nama ini juga sudah disampaikan kepada semeton dan braya Griya Mas Sanur. Mereka menyambut baik. (Winatha/balipost)

BAGIKAN