Sejumlah wisatawan mengunjungi Ground Zero di Legian, Badung pada Kamis (30/12). Kunjungan wisatawan ke Badung mengalami peningkatan pada akhir tahun ini. (BP/Hendri Febriyanto)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kehadiran wisatawan, khususnya domestik ke Bali untuk menikmati libur akhir tahun menunjukan peningkatan. Kondisi ini terlihat dari aktivitas di sejumlah objek wisata yang mengalami peningkatan, seperti, Pantai Kuta, Jimbaran, Sanur, Nusa Penida.

Lonjakan kedatangan wisatawan, diperkirakan Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang juga Ketua PHRI Kabupaten Badung, I Gusti Agung Rai Suryawijaya, mencapai puncaknya pada Kamis (30/12) ini. Optimisme tersebut didasari adanya kunjungan menjelang Natal yang tercatat mencapai Rp 11 ribu setiap harinya.

Baca juga:  Prof. Widnya Dikremasi di Pundukdawa, Ini Kenangan Sang Anak

Jelang pergantian tahun ini, jumlah kunjungan diprediksi mencapai 15 ribu per hari. “Banyak wisatawan yang ingin menikmati libur di Bali khususnya Badung. Kami prediksi besok adalah puncak kunjungan wisatawan bisa mencapai 15 ribu perhari,” ujarnya.

Menurutnya, lama tinggal wisatawan di Bali diperkirakan mencapai tiga hari, yakni sejak 30 Desember hingga 2 Januari. “Jadi minimal dia menginap 3 hari. Karena destinasi wisata kan banyak bisa dinikmati. Apalagi beberapa akomodasi pariwisata banyak yang memberikan diskon atau paket-paket tertentu,” ucapnya.

Baca juga:  Antara Zona Awas dan Aman, Perbekel Selat Minta Sikap Resmi Pemerintah

Meski kedatangan meningkat, ia mengatakan okupansi hotel regional masih di angka 50 persen. Pihaknya memprediksi okupansi hotel regional hotel mencapai 65 persen. “Kalau sampai akhir tahun kita prediksi okupansi average (rata-rata) hotel mencapai 65 persen. Mengingat banyak juga wisatawan yang datang melalui jalur darat,” katanya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN