Johnny G. Plate. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presidensi G20 Indonesia sudah dimulai sejak Desember 2021. Selama setahun ke depan, ada dua indikator yang kesuksesan Presidensi G20, yaitu penyelenggaraan dan substansi dalam Sherpa, Finance Track, serta Working Group. Demikian dikemukakan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Selasa (21/12).

Ia pun mengajak agar semua pihak menyukseskan Presidensi Indonesia dalam G20 ini. “Kita perlu mengambil langkah-langkah agar Keketuaan Indonesia dapat diwujudkan baik yang menggema ke dalam di tanah air maupun menggema keluar untuk manfaat kita semua,” ujarnya dalam Rapat bersama Operator Telekomunikasi dan Lembaga Penyiaran terkait Dukungan Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, dikutip dalam rilisnya.

Baca juga:  Pemprov Bali Serahkan Piagam Penghargaan ke 60 Lembaga Pendukung KTT G20

Menurut Menkominfo, Presidensi G20 Indonesia pada penyelenggaraan G20 tahun depan harus terus digaungkan. Menurut Menteri Johnny, jika pesan Presidensi G20 Indonesia dapat tersampaikan dengan baik, bangsa Indonesia akan memiliki harapan agar kesuksesan keketuaan dalam G20 memiliki manfaat.

“Kalau tidak, keketuaan kita seremonial. Tetapi semangatnya adalah bagaimana kita dorong agar hasilnya jelas. Saya ingin meneruskan apa yang harus kita bangun, karena Bapak Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia harus mengambil kesempatan untuk menyampaikan tagline guna melompat lebih jauh dan mengambil keputusan lebih cepat,” tandasnya.

Baca juga:  Bibit Siklon 98S Berpotensi Jadi Siklon Tropis Kategori Tinggi

Menkominfo menyatakan, penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia juga menjadi wahana mempromosikan Indonesia melalui kegiatan besar lain yang berlangsung. Menteri Johnny menyontohkan penyelenggaraan Super Bike dan Moto GP, atau event sejenis. “Sekarang kita mau industri telekomunikasi, industri penyiaran dan media memiliki semangat menjadi satu kekuatan yang besar. Kalau masyarakat tidak ikut, dunia enggak tahu yang mau kita buat, (bagaimana) bisa kita loncat? Ini menjadi satu paketnya sebetulnya, bagaimana mempromosikan Indonesia,” paparnya.

Menkominfo mengingatkan dalam Presidensi G20 Indonesia akan ada pula forum yang melibatkan pengambil keputusan dari perusahaan dan melibatkan industri di Indonesia. Oleh karena itu, Menkominfo menyatakan Pemerintah bersama operator telekomunikasi dan lembaga penyiaran perlu membangun kerja sama untuk kepentingan Indonesia di semua aspek. “Yakni aspek teknologi, pembiayaan, dan aspek apa saja termasuk tentu saja aspek digital. Kita mau bikin sukses penyelenggaraan ini tentu ada tujuannya. Karena nanti yang akan rapat adalah leader pengambil keputusan di perusahaan, Jadi kita juga ingin tunjukkan kepada mereka bahwa ada peluang, ada kesiapan dan ada harapan dari Indonesia,” tegasnya. (kmb/balipost)

Baca juga:  Jelang KTT G20, Polisi Berelaborasi Tanggulangi Kejahatan Jalanan
BAGIKAN