Gubernur Bali, Wayan Koster menerima audiensi Paiketan Krama Bali, Minggu (19/12). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster mendengarkan dengan seksama dan merespons positif berbagai masukan dari Pengurus Paiketan Krama Bali. Masukan-masukan disampaikan oleh Pengurus Paiketan Krama Bali saat melakukan audiensi pelaksanaan Mahasabha I Paiketan Krama Bali, Minggu (19/12) di Rumah Jabatan Gubernur, Jaya Sabha, Denpasar.

Ketua Umum Paiketan Krama Bali, Dr. Ir. A.A. Putu Agung Suryawan Wiranantha, M.Sc menyampaikan berbagai kegiatan telah dilakukan untuk ketahanan dan eksistensi krama Bali, sebagai bentuk perpanjangan tangan Gubernur Bali untuk ikut dalam mewujudkan visi Pemerintah Provinsi Bali, Nangun Sat Kertih Loka Bali. salah satunya dalam penanganan Joged Jaruh.

Baca juga:  Pameran IKM Bali Bangkit Tuai Pujian Menparekraf Sandiaga

Agung menyatakan guna membangkitkan pariwisata Bali di tengah minimnya kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya dengan munculnya varian Omicron, pemerintah disarankan membuka Travel Fair Domestik di beberapa kota di luar Bali. Ini, guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Bali.

Dengan demikian bisnis pariwisata bisa mulai bangkit sambil menunggu kondisi normal. Selain soal pariwisata, banyak masukan diberikan, termasuk soal penguatan ekonomi Bali, LPD, dan kesehatan mental masyarakat terdampak pandemi.

Baca juga:  Gara-gara Ini, DTW Tanah Lot Tunda Kenaikan Harga Tiket

Gubernur Bali didampingi oleh Kadis PMA, I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Seputra dan Anggota Pokli Pembangunan Pariwisata Bali, IGN Rai Suryawijaya, S.E, MBA dan Dr. Gusti Kade Sutawa, S.E, M.M, MBA mengatakan pihaknya harus hati-hati dan ketat di dalam menyikapi varian Omicron. Sebab, penularannya sangat cepat. “Saat ini angka penularan Covid-19 di Bali terus menurun, dan ini pasti akan meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Bali. Buktinya sekarang arus lalu lintas di jalan sudah seperti normal,” ujarnya, dalam rilis yang diterima.

Baca juga:  Rawan Kecelakaan, BPBD Klungkung akan Pasang Imbauan di Tebing Nusa Penida

Koster berharap agar para pelaku pariwisata membuat kegiatan yang tidak kontra produktif dengan kebijakan yang diterapkan pemerintah.

Dalam kesempatan itu, Wayan Jondra selaku Ketua Panitia Mahasabha I Paiketan Krama Bali mengundang Gubernur Koster untuk hadir memberikan sambutan sekaligus membuka Mahasabha I Paiketan Krama Bali pada Minggu (26/12). Atas undangan itu, Gubernur Koster menyatakan siap hadir sekaligus membuka Mahasabha I Paiketan yang akan digelar di Gedung Desa Adat Kedonganan. (kmb/balipost)

BAGIKAN